Rabu 07 Desember 2022, 08:50 WIB

Puncak Lonjakan Penumpang Bus di Terminal Kalideres pada 29-30 Desember

Selamat Saragih | Megapolitan
Puncak Lonjakan Penumpang Bus di Terminal Kalideres pada 29-30 Desember

MI/Selamat Saragih
Suasana terminal Kalideres, Jakarta Barat

 

DIPREDIKSI lonjakan penumpang bus antar kota dan antar provinsi (AKAP) di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, terkait Perayaan Hari Raya Natal akhir Desember 2022 dan Tahun Baru awal Januari 2023 akan terjadi menjelang pergantian tahun pada 29 - 30 Desember 2022.

Hal itu disampaikan Kepala Terminal Bus AKAP Kalideres, Revi Zulkarnaen, kepada Media Indonesia, Selamat Saragih, terkait prediksinya akan terjadi puncak mudik menjelang akhir tahun 2022 dan awal tahun 2023. 

"Kami perkirakan puncak lonjakan penumpang mudik itu dari Terminal Kalideres terjadi pada tanggal 29 dan 30 Desember 2022," kata Revi, di kantornya, Selasa (6/12).

Dia menambahkan, jika melihat dari data-data yang ada dan pengalaman selama ini, maka  puncak penumpang mudik terkait Perayaan Hari Raya Natal akhir 2022 dan awal Tahun Baru awal 2023 diprediksi tanggal 29 dan 30 Desember 2022.

Tapi, lanjut Revi, biasanya pengalaman sejak dulu sampai sekarang penumpang di jalur pemberangkatan dari Terminal Bus AKAP Kalideres terkait dengan suasana menjelang Natal dan Tahun Baru masih sepi. Kecuali pada akhir tahun Desember 2022 dan awal tahun 2023 terjadilah puncak mudik penumpang biasanya dua sampai tiga hari.

Revi menambahkan, pada momen libur Natal Tahun Baru (Nataru) tahun ini, penumpang tidak akan sebanyak seperti libur lebaran. Apalagi tahun ini, Hari Raya Natal jatuh pada hari Minggu.

"Kemungkinan penumpang agak sedikit karena jatuhnya Hari Natal ini hari Minggu. Jadi tahun ini diprediksi sama dengan hari minggu-minggu biasanya," jelas Revi.

Dia memprediksi, Terminal Bus AKAP Kalideres akan melayani penumpang sebanyak 900 hingga 1.000 orang per hari pada puncak lonjakan penumpang.

"Itu pada saat puncaknya, tapi untuk bisa di atas itu agak sulit. Sebab, seperti yang tadi saya sebutkan jatuhnya Hari Natal bertepatan pada hari Minggu sehingga sama seperti hari libur biasa," ungkapnya.

Revi menambahkan, hingga saat ini belum ada lonjakan penumpukan Bus AKAP di Terminal Kalideres.

Pengamatan di terminal Bus AKAP Kalideres pada Selasa siang sampai sore, pergerakan penumpang masih terlihat biasa-biasa saja. Bus antar kora antre panjang karena sepinya calon penumpang.

Masyarakat yang ingin berpergian ke luar kota atau antar provinsi dan antar pulau menggunakan bus dari Terminal Kalideres masih belum terlihat banyak.

Belum melonjaknya penumpang bus AKAP menjelang libur Nataru 2022, menurut salah satu petugas Dishub di Terminal Kalideres belum ada tanda-tanda ramai.

"Belum ada tanda-tanda peningkatan, masih normal, bahkan terlihat masih sepi," kata petugas terminal sambil mengatur parkir bus. (OL-13) 

Baca Juga

Medcom.id

Buang Sampah Sembarangan, 30 Orang Warga Depok Terancam Penjara 6 Bulan

👤Kisar Rajagukguk 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:43 WIB
Tiga puluh orang itu kemudian langsung di data. KTP mereka diambil untuk kepentingan persidangan di Pengadilan Negeri Kota...
Antara Foto/ Basri Marzuki

Rawan Kriminalitas dan Kecelakaan, Lampu PJU di Jalan Jambore Depok Segera Dipasang

👤Kisar Rajagukguk 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:22 WIB
Lokasinya dari pertigaan Jalan Transyogi-Perumahan Mahogany-Apartemen Transmart hingga SMPN...
MI/Andri Widiyanto.

Kurangi Polusi Udara, Disinsentif Tarif Parkir Berlaku di 11 Lokasi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:34 WIB
Dishub DKI menerapkan kebijakan disinsentif kendaraan pribadi berupa pengendalian lalu lintas dengan sistem ganjil genap dan pengenaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya