Kamis 10 November 2022, 16:08 WIB

Bus Berasap di Rawamangun, Transjakarta: Akibat Mesin Overheating

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Bus Berasap di Rawamangun, Transjakarta: Akibat Mesin Overheating

MI/Ramdani
Sejumlah warga menaiki bus TransJakarta di kawasan Sudirman, Jakarta.

 

TRANSJAKARTA telah selesai melakukan investigasi terhadap unit bus gandeng (articulated) yang mengalami overheating di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, pada Rabu (9/11) kemarin.

Hasilnya, APAR otomatis menyemprot saat mesin overheating, sehingga timbul asap dan dipastikan tidak terbakar. Petugas juga langsung mencari gangguan pada komponen yang mengakibatkan mesin overheating.

Dari pemeriksaan, ditemukan komponen yang mengalami gangguan pada bagian pompa pendingin. “Kita langsung tindaklanjuti dengan mengganti serta menambah komponen pengamanan pada bagian tersebut,” ujar Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Anang Rizkani Noor, Kamis (10/11).

Baca juga: Transjakarta Tabrak Pejalan Kaki, DPRD Panggil Direksi

Adapun Transjakarta juga melakukan pengecekan terhadap seluruh armada sejenis. Tujuannya, memastikan kondisi bus dan menghindari hal serupa kembali terjadi. Hingga kini, pengecekan komponen pengaman sudah dilakukan 70% dari total armada gandeng.

“Ini langkah preventif yang kita lakukan untuk memastikan semua bus laik beroperasi. Sehingga, mobilitas pelanggan bisa terlayani dengan baik, aman dan nyaman,” katanya.

Baca juga: Kapolda Metro Minta Anggota Bersahabat dengan Masyarakat

Seluruh proses investigasi dan pengecekan sendiri didampingi langsung oleh tim Transjakarta bersama Perum PPD selaku mitra operator terkait. Transjakarta rutin melakukan pendampingan mitra operator lain untuk melakukan pengecekan kelaikan armada.

Sebelumnya, pada Rabu (9/11) siang, terjadi gangguan mesin pada bus gandeng di Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta. Timbul asap pada mesin yang terletak di bagian belakang bus. 

Dua unit mobil pemadan dan 10 petugas Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan diluncurkan ke lokasi. Tidak ada penumpang yang menjadi korban atas peristiwa tersebut, karena bus dalam kondisi kosong.(OL-11)
 

Baca Juga

Dok.Antara

Keluarga Tewas Di Kalideres, Paman Diduga Menganut Aliran Sesat

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Selasa 29 November 2022, 16:50 WIB
Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Hengki Haryadi mengatakan, belum merinci soal ajaran yang diikuti Budiyanto...
MI/RAMDANI

218 Sepeda 'Bike Sharing' Gowes Ditarik karena Rusak

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 29 November 2022, 16:20 WIB
Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta Yayat Sudrajat mengatakan dari total 417 sepeda yang disediakan untuk program...
Dok MI

Polisi Buru Pembuang Bayi di Jembatan Cengkareng

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 28 November 2022, 20:59 WIB
Kondis bayi masihi hidup saat ditemukan di pinggir jembatan kawasan Rawa Buaya, Cengkareng,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya