Rabu 28 September 2022, 10:55 WIB

Penyaluran BLT BBM di DKI Jakarta Sudah Mencapai 97,6%

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Penyaluran BLT BBM di DKI Jakarta Sudah Mencapai 97,6%

dok.ant
Warga sedang mengambil bantuan langsung tunai (BLT) kenaikan BBM di kantor kelurahan, akhir pekan lalu.

 

PENYALURAN Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) di Provinsi DKI Jakarta sudah mencapai 97,6%. Tercatat per 27 September 2022, sebanyak 300.949 KPM telah menerima bantuan tersebut. Sementara itu, jumlah penerima BLT BBM d DKI Jakarta sebanyak 308.147 KPM.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Premi Lasari, mengatakan pihaknya berupaya memastikan penyaluran BLT BBM di Provinsi DKI Jakarta berjalan sesuai dengan ketentuan yang ada.

"Kami berupaya menjalan tugas sesuai Kepdirjen Dayasos No.158/5/HK.01/8/2022 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak Periode September, Oktober, November, dan Desember Tahun 2022. Di mana tugas dan tanggung jawab Dinas Sosial Provinsi adalah melakukan supervisi, pengawasan dan pembinaan terhadap pelaksanaan program BLT BBM; Memastikan pelayanan program BLT BBM sesuai dengan rencana; Menyelesaikan permasalahan dalam program BLT BBM; Membangun jejaring dan kemitraan dengan berbagai pihak dalam pelaksanaan BLT BBM; Melaporkan secara berkala capaian program BLT BBM di daerah kabupaten/kota kepada Menteri Sosial," kata Premi saat dihubungi, Rabu (28/9).

Tugas Kementerian Sosial sesuai dengan Kepdirjen tersebut adalah melakukan pemilahan data KPM berdasarkan segmentasi pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial; melakukan penginputan data; merencanakan dan menyiapkan anggaran untuk program BLT BBM; melakukan kerja sama dengan pihak penyalur dalam hal ini PT Pos Indonesia; melakukan pengecekan data penerima bantuan; melakukan create batch online melalui sistem SIKS-NG; menyampaikan data calon KPM kepada pihak penyalur; menetapkan data bayar program BLT BBM; berkoordinasi dengan Dinas Sosial tingkat provinsi/kabupaten/kota dalam rangka pelaksanaan program BLT BBM.

Wewenang lain Kemensos RI pada penyaluran BLT BBM ini memerintahkan kepada penyalur untuk membekukan/memblokir sementara hingga menyalurkan kembali dana BLT BBM yang terdapat di rekening penyalur atau KPM; serta memberi perintah tertulis lainnya kepada PT Pos Indonesia terkait penyaluran BLT BBM.

Sebelumnya, pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial menggelontorkan Rp12,96 triliun yang ditujukan kepada 20,65 juta KPM penerima BLT BBM.

Sementara total bantuan yang diterima Rp150 ribu per bulan. Bantuan akan diberikan untuk empat bulan, September hingga Desember 2022. Namun, mekanisme penyalurannya dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama September Rp300 ribu dilanjutkan nanti pada tahap keduanya pada Desember, senilai Rp300 ribu lagi. Sehingga total bantuan per KPM sebesar Rp600 ribu. Penyaluran bantuan dilakukan oleh PT Pos Indonesia.

Sasaran penerima BLT BBM sendiri adalah KPM Program Sembako/BPNT dan Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial. Adapun data yang digunakan tetap berbasis pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Terkait data penerima bansos, masyarakat dapat mengecek melalui laman cekbansos.kemensos.go.id dan di dalamnya terdapat fitur 'Usul Sanggah'. Setiap warga masyarakat bisa melakukan pengecekan apakah datanya termasuk sebagai penerima Bansos Kemensos atau tidak. Selain itu, masyarakat juga bisa mengusulkan jika ada warga yang seharusnya layak mendapat bantuan dan bisa menyanggah jika ada warga yang seharusnya tidak layak menerima bantuan. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan aplikasi WBS KPK, lapor.go.id dan jaga.id.

Bagi masyarakat yang menemukan masalah terkait bantuan sosial atau masalah sosial lainnya dapat menghubungi layanan Call Center 171 atau kirim pesan chat WhatsApp ke Chatbot Mafindo 0859 2160 0500 untuk memastikan informasi terkait bansos merupakan informasi yang valid. (OL-13)

Baca Juga: Presiden RI Sebut Realisasi BLT BBM Sudah Capai 95,9%

Baca Juga

dok.Ist

Lestarikan Kebudayaan Sunda, DPRD dan Pemkot Bogor Bersinergi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 22:53 WIB
DALAM rangka merayakan Pekan HAM) Kota Bogor. Kecamatan Bogor Selatan, menggelar acara diskusi dengan tema 'Merawat Kebudayaan...
Dok Facebook H3 Jakarta

H3 Jakarta akan Lebih Berkontribusi untuk Pariwisata Indonesia

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 09 Desember 2022, 20:26 WIB
HIMPUNAN Humas Hotel (H3) Jakarta melaksanakan serah terima serah terima pengurusan dari tim pengurus 2020-2022, ke tim pengurus 2022-2024,...
DOK.MI

Terungkap Alasan Keluarga Tewas di Kalideres tidak Dimakamkan hingga Mengering

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 09 Desember 2022, 19:53 WIB
Saat itu, keluarga tidak mampu melakukan pemakaman, karena kondisi keuangan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya