Jumat 19 Agustus 2022, 16:47 WIB

Gubernur Anies Inisiasi Hunian Terjangkau Sewa di Kawasan TOD MRT Jakarta

mediaindonesia.com | Megapolitan
Gubernur Anies Inisiasi Hunian Terjangkau Sewa di Kawasan TOD MRT Jakarta

Ist
MRT Jakarta dan Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk hadir menyediakan hunian terjangkau di kawasan sekitar stasiun bagi pekerja.

 

HADIRNYA MRT Jakarta telah mengubah mobilitas warga Jakarta dengan segala kemudahan, kenyamanan, dan keamanannya.

Meski demikian, dampak meningkatnya nilai lahan dan properti yang berpotensi meningkatnya harga hunian, baik sewa maupun kepemilikan di sepanjang jalur MRT Jakarta tidak dapat dihindari.

Peningkatan harga ini tidak sebanding dengan pendapatan kelas pekerja menengah di Ibu Kota.

Oleh karena itu, MRT Jakarta bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkomitmen untuk hadir menyediakan hunian terjangkau di kawasan sekitar stasiun bagi masyarakat pekerja menengah Jakarta.

Hari ini, Jumat (19/8), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menginisiasi hadirnya hunian terjangkau dengan jenama Alaspadu. Alaspadu merupakan hunian sewa coliving (kos) di dalam kawasan berorientasi transit yang mengakomodir kebutuhan dan kemampuan kelas pekerja menengah.

Penyediaan hunian sewa Alaspadu ini merupakan bagian dari program JAKHABITAT dalam memberikan solusi hunian di DKI Jakarta.

Inisiasi hadirnya hunian terjangkau ini ditandai dengan penandatanganan dua Perjanjian Kerja Sama tentang Penyelenggaraan Hunian Terjangkau, yaitu antara Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda) Farchad Mahfud dan Co-Founder & CEO PT Rukita Bhinneka Indonesia Sabrina Soewatdy, dan Direktur Utama PT Cove Living Indonesia Rizky Kusumo disaksikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), Mohamad Aprindy.

"Saya ingin sampaikan pesan kepada seluruh warga Jakarta bahwa kami menyiapkan hunian bagi yang berpenghasilan rendah, dan menengah. Dan yang menengah ini disiapkan dengan pola-pola kolaborasi. Maka kami berharap usaha akan tumbuh berkembang," jelas Gubernur Anies Baswedan.

. Kemudian mereka yang membutuhkan tempat akan terfasilitasi, dan kita saat ini sedang menawarkan paradigma baru hidup di kawasan Urban," kata Anies.

“Oleh karena itu, saya mengundang kepada generasi baru Indonesia yang saat ini mulai meniti karir di Jakarta, yang mulai membangun masa depannya. Mari bangun masa depan dengan lifestyle baru, dengan pola mobilitas baru yaitu mengandalkan kendaraan umum, mengandalkan jalan kaki," jelasnya.

"Sehingga ini merujuk pada kendaraan bebas emisi seperti sepeda dan di tempat-tempat yang dekat dengan kawasan pekerjaan," lanjut Anies.

Penyediaan hunian ini, merupakan kerja sama kolaboratif antara PT MRT Jakarta (Perseroda) dengan pihak swasta dalam membangun Jakarta yang berkelanjutan.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Mohamad Aprindy mengatakan bahwa sebagai operator utama pengelola kawasan berorientasi transit, PT MRT Jakarta (Perseroda) berkewajiban untuk menghadirkan akses yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

“Salah satu prinsip pengembangan kawasan berorientasi transit ialah fungsi campuran yang di dalamnya termasuk hunian dalam radius jalan kaki. Kerja sama dengan pengusaha properti seperti Cove Living Indonesia dan Rukita Bhinneka merupakan upaya mewujudkan hal tersebut,” ujarnya.

“Ke depannya, kami akan terus menggali potensi kerja sama lainnya demi mewujudkan kawasan berorientasi transit di setiap stasiun MRT Jakarta,” tuturnya.

“Tantangan kaum urban millenial yang semakin hari semakin sulit untuk membeli hunian di kota Jakarta menjadikan penyewaan hunian menjadi solusi atas tantangan tersebut. Sejalan dengan misi MRT yang menghadirkan transportasi yang terintegrasi," jelas ungkap Direktur Cove Rizky Kusumo.

"Cove menghadirkan konsep hunian sewa yang mengutamakan kenyamanan, servis yang lengkap, desain yang estetik dan harga yang terjangkau," katanya.

"Kami yakin dengan kolaborasi ini, konsep hunian yang ditawarkan Cove ini dapat mendukung inisiasi pemerintah untuk menyediakan lebih banyak hunian terjangkau di konsep TOD Jakarta.” ucap Rizky.

Sabrina Soewatdy, Co-Founder & CEO Rukita, mengatakan “Tinggal di hunian berkualitas itu tak harus mahal. Kolaborasi bersama MRT menjadi upaya kami untuk semakin memperluas akses hunian berkualitas yang terjangkau bagi banyak orang."

"Ditambah dengan adanya transportasi publik yang nyaman dan terjangkau, seperti MRT dan hunian berkualitas dari Rukita, kini masyarakat Jakarta dapat merasakan manfaat penuh dari pembangunan kota berkonsep TOD yang praktis, efisien, dan berkelanjutan.," tutur Sabrina. (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/ Barry Fathahilah

Update 26 September 2022: 40,6% Kasus Covid-19 Terdeteksi di Jakarta

👤MGN 🕔Senin 26 September 2022, 21:44 WIB
Sebanyak 546 kasus dari 1.344 kasus covid-19 nasional ditemukan di Jakarta, Senin,...
Antara

10 Kafe Sarang Prostitusi di Jakut akan Ditutup

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 26 September 2022, 20:11 WIB
Haris mengatakan di tempat prostitusi tersebut juga terdapat 30 pekerja seks komersial...
dok.polrestangsel

Kapolres Komitmen Proses Kasus Dugaan Ijazah Palsu Ketua IDI Tangsel

👤mediaindoneaia.com 🕔Senin 26 September 2022, 18:30 WIB
POLRES Tangsel berkomitmen untuk menuntaskan kasus dugaan penggunaan gelar akademik S2 palsu, dengan terlapor Ketua IDI Kota Tangsel, Fajar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya