Rabu 27 Juli 2022, 16:18 WIB

Pemkot Depok Terapkan Merdeka Belajar Berbasis Data Untuk Dongkrak Kualitas Level SMP

Kisar Rajagukguk | Megapolitan
Pemkot Depok Terapkan Merdeka Belajar Berbasis Data Untuk Dongkrak Kualitas Level SMP

MI/Kisar Rajagukguk
Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Kota Depok Sutarno

 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Depok menerapkan merdeka belajar untuk penyempurnaan kualitas pendidikan bagi peserta didik jenjang SMP sederajat.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Kota Depok Sutarno memaparkan maksud penyempurnaan kualitas pendidikan merdeka belajar di jenjang SMP sederajat agar tujuan pendidikan dalam pelayananan standar minimal bisa tercapai.

" Pada peningkatan mutu pendidikan SMP sederajat diimplementasikan dengan program rapor pendidikan dan perencanaan berbasis data, ini untuk mengukur tentang karakter peserta didik dan kualitas lingkungan belajar selain kompetensi literasi dan numerasi sehingga analisis hasil belajar secara holistik menjadi dasar dalam mengidentifikasi akar permasalahan pendidikan di jenjang SMP sederajat di Kota Depok, " ujar dia Rabu (27/7).

Program rapor pendidikan dan perencanaan berbasis data tersebut menurutnya sangat penting dalam rangka pembenahan dimana di sistem data pokok pendidikan (Dapodik) masih ditemukannya adanya nilai merah di rapor peserta didik.

Untuk mengoptimalkan program rapor pendidikan dan perencanaan berbasis data itu, lanjut dia pihaknya akan mengintegrasikannya dengan aplikasi Depok Single Window melalui kerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Depok.

Kemudian Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), lembaga pemerintah nonkementerian Badan Pusat Statistik (BPS), dan lembaga teknis daerah dibidang penelitian dan perencanaan pembangunan daerah. Yaitu Bappeda.

Ia mengatakan dalam merumuskan akar masalah yang berhubungan terhadap nilai merah di rapor peserta didik tadi, Pemerintah Kota telah menempatkan satu ruang fasilitasi dan konsultasi pembelajaran di Lantai 4 Dinas Pendidikan Gedung Dibaleka 2. " konsultasi ini difasilitasi oleh Tim Pengembang Kurikulum Kota Depok."

Untuk kegiatan, dan peningkatan kompetensi guru dalam literisasi numerasi, Sutarno menambahkan ada anggarannya. " Kita akan alokasikan anggaran APBD, " ucapnya.

Menurut Sutarno, program ini tentunya memiliki manfaat diantaranya lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan nilai rapor dari merah menjadi hijau atau biru, selain peningkatan kemampuan dan krakter anak didik selama mengenyam pendidikan di sekolah.

Sutarno melanjutkan rapor pendidikan menampilkan data kualitas satuan pendidikan yang didapat dari berbagai asesmen sebagai bentuk penyempurnaan dari rapor mutu.

Rapor pendidikan tersebut acuan dalam mengidentifikasi, merefleksi, dan membenahi kualitas pendidikan di wilayah Kota Depok.

Dimana rapor pendidikan merupakan platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan yang menekankan pada orientasi terhadap mutu pendidikan dan sistem yang terintegrasi.

"Jadi dengan implementasi program rapor pendidikan dan perencanaan berbasis data ini diharapkan bisa menjadi acuan untuk mengindentifikasi, merefleksi, dan membenahi kualitas pendidikan secara menyeluruh di SMP Kota Depok, " pungkas Sutarno. (OL-13)

Baca Juga: Tahun Ajaran 2022 Jumlah Calon Siswa Miskin di Kota Depok ...

 

Baca Juga

dok.ist

Bappenas Kembali Digeruduk Massa Minta Suharso Mundur dari Jabatannya

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 21:52 WIB
GEDUNG Bappenas kembali digeruduk oleh masa aksi dari Aliansi Mahasiswa Menggugat (AMAM), mereka meminta Menteri Suharso Monoarfa mundur...
ANTARA/Asprilla Dwi Adha

989 Warga Binaan Rutan Kota Depok Dapat Remisi Kemerdekaan

👤Kisar Rajaguguk 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 21:45 WIB
Pemberian remisi juga diharapkan bisa membantu mengurangi kapasitas hunian...
DOK.MI

Polisi Periksa Guru SMKN Jakpus yang Diduga Aniaya Murid

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 21:31 WIB
Polsek Sawah Besar telah memeriksa terduga pelaku yang merupakan guru olahraga tersebut. Selain itu, pihaknya juga memeriksa saksi, seperti...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya