Kamis 05 Mei 2022, 23:33 WIB

Volume Keberangkatan Penumpang Dari Stasiun Senen Capai 15.800 Orang

Widhoroso | Megapolitan
Volume Keberangkatan Penumpang Dari Stasiun Senen Capai 15.800 Orang

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Kepadatan penumpang di Stasiun Senen, Jakarta, Kamis (5/5).

 

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero mencatat volume penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen sebanyak 15.800 orang atau 74 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 21.300 kursi.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menyebutkan untuk melayani penumpang di Stasiun Pasar Senen, pihaknya mengoperasikan 29 kereta api (KA), 3 KA di antaranya merupakan KA tambahan. "Untuk Stasiun Pasar Senen terdapat 29 KA beroperasi, tiga KA di antaranya merupakan KA tambahan," kata Eva dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (5/5).

PT KAI juga mencatat puncak kepadatan volume penumpang keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen terjadi mulai tanggal 27 April sampai dengan 1 Mei 2022. Pada kurun waktu tersebut, keterisian (okupansi) penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta mencapai 100 persen.

Kamis (5/4), di Stasiun Gambir terdapat 36 KA beroperasi, dari jumlah tersebut 8 di antaranya merupakan KA tambahan. Adapun volume penumpang berangkat sebanyak 10.600 atau 60 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 17.600 kursi. Sebanyak 458.300 tiket terjual untuk keberangkatan periode 22 April sampai dengan 5 Mei," katanya.

Adapun relasi yang banyak dipilih pengguna di antaranya tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung. "Keberangkatan penumpang dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, secara total pada tanggal 5 Mei 2022 terdapat 28.700 penumpang yang berangkat dari seluruh stasiun KA jarak jauh di area Daop 1 Jakarta. Dari jumlah tersebut dapat dikatakan volume keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta masih cukup tinggi," kata Eva.

Lebhi jauh, Eva mengimbau calon pengguna yang masih akan mudik pasca Lebaran dan baru akan memesan tiket dapat melakukan pengecekan ketersediaan jadwal dan bertransaksi melalui aplikasi KAI Access. (Ant/OL-15)

Baca Juga

MI/Ramdani

Mobil Balap Formula E Mulai Tiba di Jakarta

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 22 Mei 2022, 14:40 WIB
Keseluruhan komponen mobil balap Formula E dikirim dari Doha, Qatar, karena para atlet baru selesai mengikuti ajang Formula E di...
DOK Pribadi.

Jalin Silaturahmi dan Keakraban, Komunitas BPRC Gelar Halalbihalal 

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 22 Mei 2022, 14:10 WIB
Seiring perjalanan waktu, satu demi satu keluarga keluar dari kompleks karena orangtua pensiun dan alasan...
ANTARA/Hafidz Mubarak A

Revitalisasi Pasar Petak Sembilan Perlu Kolaborasi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Minggu 22 Mei 2022, 07:15 WIB
“Maka dari itu, penataan kawasan penting dilakukan untuk terciptanya kebersihan, kerapian, dan kenyamanan bagi pedagang maupun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya