Rabu 27 April 2022, 14:50 WIB

Pangan di DKI Jelang Lebaran Cukup, Anies: Ada Penurunan Harga Komoditas

Hilda Julaika | Megapolitan
Pangan di DKI Jelang Lebaran Cukup, Anies: Ada Penurunan Harga Komoditas

MI/Vicky G
Warga membawa bahan pangan bersubsidi usai membelinya di RPTRA Ria Damkar Joglo 2

 

GUBERNUR Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan ketersediaan pangan di Jakarta jelang lebaran dalam kondisi cukup. Ia juga menyebut ada beberapa komoditas yang harganya mengalami penurunan.

Adapun penurunan harga pangan terjadi pada komoditas cabe merah keriting (12,96%), cabe merah TW (1,03%), cabe rawit merah (27,77%) dan bawang merah (0,90%). Selain itu, harga terpantau stabil untuk komoditas beras, daging sapi, telur ayam, gula pasir dan LPG 3 kg.

“Barusan tadi meninjau ketersediaan pangan menjelang lebaran di Pasar Induk Kramat Jati. Hasil peninjauan kali ini terbukti bahwa kondisi ketersediaan komoditas pangan di Jakarta tercukupi. Ada penurunan harga juga untuk beberapa komoditas. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir, kondisi pangan di Jakarta aman 5 hari menjelang Hari Raya Idulfitri,” ujar Anies di Jakarta, Rabu (27/4).

Anies menjelaskan Pemprov DKI Jakarta menerapkan beberapa upaya menjaga kestabilan ketersediaan dan harga pangan di ibu kota. Pertama, pendistribusian pangan subsidi untuk masyarakat tertentu. Bahan pangan yang didistribusikan adalah beras 5 kg, daging sapi 1 kg, daging ayam 1 kg, susu UHT 24 kotak, ikan kembung 1 kg, telur setara 1 kg dengan harga beli masyarakat Rp126.000.

Kedua, melalui kerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) antara lain PT PPI untuk menyalurkan minyak goreng curah sebanyak 192.000 liter dengan harga sesuai HET (Rp14.000 per liter) bagi pedagang dan pelaku usaha kecil. Hal ini dilakukan di 12 lokasi pasar tradisional lingkup Perumda Pasar Jaya (Pasar Enjo, Pasar Tomang Barat, Pasar Tanah Abang, Pasar Grogol, Pasar Palmeriam, Pasar Rawamangun, Pasar Ciplak, Pasar Cibubur, Pasar Tebet, Pasar Pos Pongumben, Pasar Kelapa Gading, Pasar Santa) dan dengan BULOG Divre Jakarta Banten untuk penyediaan daging kerbau beku sebagai alternatif lain dari daging sapi.

Baca juga: Cek Harga Pangan di Pasar Karanganyar, Puan Borong Bakso untuk Buka Puasa

Ketiga, memastikan ketersediaan pangan melalui optimalisasi BUMD dengan melakukan kerja sama antardaerah yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta melalui BUMD Pangan (PT Food Station Tjipinang Jaya, Perumda Dharma Jaya dan Perumda Pasar Jaya).

Keempat, optimasiliasi titik distribusi pangan yang dikelola Perumda Pasar Jaya di 5 kota dan 1 kabupaten. Kelima, melaksanakan kegiatan bazar pangan di tingkat kelurahan, kecamatan dan walikota.

Keenam, bekerja sama dengan Polda Metro Jaya terkait kegiatan pengawasan penyediaan serta pendistribusian pangan serta penegakan hukum terkait pelangggaran yang terjadi. Selain itu, ketujuh, berkoordinasi bersama Pemerintah Pusat terkait kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan ketersediaan pasokan serta kestabilan harga, terutama saat menjelang Idulfitri 2022. (OL-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Transjakarta Sediakan Layanan Wara Wiri Royal untuk Pengunjung Ancol

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 12:40 WIB
“Masyarakat bisa menikmati layanan ini selama pekan liburan sekolah periode 2 – 17 Juli 2022 di dua rute yang...
medcom.id

Sopir Travel Tewas Ditabrak Mobil Saat Turunkan Penumpang di Jaksel

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 12:16 WIB
Mobil Daihatsu Luxio yang dikendarai MB melaju dari arah utara ke selatan lalu menabrak kendaraan Daihatsu Grandmax milik AS yang...
ANTARA FOTO/RAHMAD

Kota Depok Kembali Terima 16.450 Dosis Vaksin Sinovac

👤Kisar Rajaguguk 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 10:45 WIB
16.450 dosis vaksin covid-19 Sinovac dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat untuk program vaksinasi yang terkait pelayananan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya