Selasa 07 Desember 2021, 20:34 WIB

Dorong Pengembangan Smart City, Jakarta-Berlin Gelar Jakarta Future City Forum 2021 

Ghani Nurcahyadi | Megapolitan
Dorong Pengembangan Smart City, Jakarta-Berlin Gelar Jakarta Future City Forum 2021 

Dok. Pribadi
Penyelenggaraan jakarta Future City Forum 2021

 

SEBAGAI salah satu pencapaian dari proyek Smart Change yang didanai oleh Uni Eropa, Pemerintah Kota Jakarta dan Berlin menyelenggarakan Future City Forum 2021 yang bertujuan untuk memberdayakan ekosistem kewirausahaan di Jakarta. 

Forum yang dikemas dalam 3 hari itu dilaksanakan guna memberikan wawasan dan paparan mengenai keterkaitan antar kegiatan di dalam proyek dan menghubungkan pemain ekosistem baik dari sektor publik dan swasta, organisasi nasional dan internasional dan lembaga akademis. 

Future City Forum 2021 dilaksanakan bekerja sama dengan Prasetia Dwidharma & Dwidharma Media dengan topik Resilient Entrepreneurship Ecosystem: An engine for job creation and inclusive growth in Indonesia. Kegiatan ini membentuk peluang menarik bagi yang ingin membangun koneksi dan menambah wawasan akan solusi baru dalam ekosistem kewirausahaan melalui beberapa presentasi karya, gelar wicara, dan demo day. 

Pada hari pertama, forum secara khusus berfokus pada Jakarta sebagai lokasi inovasi dan penciptaan lapangan kerja. Peluncuran gelombang pertama Future City Accelerators akan memberdayakan pengusaha, bisnis, dan lembaga pemerintah untuk menavigasi kemitraan publik-swasta di sektor perawatan kesehatan selama pandemi. 

Kepala Kerjasama, Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam dari Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia Thibaut Portevin mengatakan, Uni Eropa dengan senang hati mendukung kemitraan Jakarta-Berlin yang memberdayakan pengusaha, pemerintah dan warga negara untuk bekerja bahu-membahu untuk membentuk ekonomi yang inklusif dan digital. 

"Kami percaya bahwa masa depan akan dibentuk oleh jaringan global yang cerdas, dengan akses global kepada finansial, pasar, talenta, inovasi, infrastruktur, dan mitra strategis," katanya dalam diskusi virtual, Selasa (7/12). 

Salah satu yang menjadi sorotan pada hari kedua Forum adalah showcase dan gelar wicara hasil studi yang dilakukan tentang ekosistem kewirausahaan di Jakarta. Diskusi akan berkisar pada pertanyaan tentang kekuatan dan kelemahan ekosistem Jakarta dan isu mana yang harus segera perlu ditangani. Dialog lain akan menyajikan ide-ide untuk Smart Economy-Cross-sectoral pilot initiatives for smart and sustainable development in Jakarta. 

Baca juga : Pemprov DKI Jakarta Gelar Bursa Kerja jaring 5 ribu Pekerja, Catat Ini Tanggalnya!

Direktur Jakarta Smart City Yudhistira Nugraha D mengatakan, pihaknya, membangun ekosistem dengan kolaborasi melalui keterlibatan dengan berbagai pemangku kepentingan. Kolaborasi bagi Jakarta adalah pendekatan pembangunan yang utama. Startup merupakan salah satu tonggak untuk semakin memajukan layanan publik dan memecahkan tantangan dan permasalahan perkotaan. 

"Melalui Jakarta Future City Hub kami berencana untuk membangun laboratorium hidup (living lab), ruang inovasi dan teknologi guna memberikan dampak langsung kepada masyarakat, termasuk untuk meningkatkan kualitas hidupnya." ujar Bapak Yudhistira. 

Hari terakhir akan ditutup dengan Demo Day dan Closing Ceremony dari Program Designer Lab, sebuah kegiatan Smart Change yang baru saja diluncurkan pada September 2021 oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Demo Day akan menampilkan hasil kerja para Startup Support Organizations yang dikembangkan selama bootcamp yang dilaksanakan pada September dan Oktober 2021 dan memberikan sertifikasi kepada organisasi. Satu organisasi dari peserta yang tampil akan diberikan kesempatan untuk melaksanakan program yang dipresentasikan untuk dikembangkan di kota dan wilayah lain di Indonesia melalui Make IT Alliance.

Rainer Seider, Kepala Unit Perdagangan Luar Negeri, Kebijakan Ekonomi Eropa, Kerjasama Pembangunan di Senat Berlin Departemen Ekonomi, Energi dan Perusahaan Umum Rainer Seider menyampaikan apresiasinya kepada Uni Eropa atas kesempatan dalam memperkuat kerja sama antara kota kembar Jakarta dan Berlin. 

"Kami berharap dapat menciptakan ruang di Jakarta untuk kreasi bersama dan kolaborasi di antara para pemangku kepentingan. Ruang untuk memungkinkan terjadinya kegiatan mentoring bagi bisnis masa depan. Proposisi nilai utama kami untuk Jakarta Future City Hub adalah menghadirkan tantangan Smart City dan peluang kolaborasi internasional untuk para Startup," ujarnya. 

Hasil forum yang terbuka untuk umum ini akan menjadi masukan bagi kegiatan Smart Change mendatang, seperti Jakarta Future City Hub, Future City Accelerator, program Pembelajaran Online dan rencana aksi bagi ekosistem kewirausahaan. (RO/OL-7)

Baca Juga

DOK.MI

Pria tanpa Identitas Tewas Tertabrak Kereta Api di Jaktim

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 16:00 WIB
Korban sudah diteriaki oleh warga untuk tidak melintas karena ada kereta lewat. Namun, teriakan warga itu tidak didengar oleh...
ANTARA

Monas Tutup Guna Persiapan HUT ke-77 RI

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 14:40 WIB
Penutupan ini dilakukan guna sterilisasi dalam mempersiapkan acara Kirab Bendera yang diakan oleh Istana...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Pengungkapan Kasus Brigadir J Bukti Kapolri Bekerja Objektif

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 13:22 WIB
Polri harus mengusut tuntas kasus pembunuhan yang telah menjerat mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka. Setelah itu Polri...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya