Senin 22 November 2021, 17:38 WIB

Irjen Fadil Dinobatkan Sebagai Tokoh Moderasi Beragama dan Kebangsaan

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Irjen Fadil Dinobatkan Sebagai Tokoh Moderasi Beragama dan Kebangsaan

MI/Agus Mulyawan
Kapolda Metro Jaya Irjen Muhammad Fadil Imran

 

RABITHAH Ma`ahid Islamiyah/Asosiasi Pesantren NU (RMI-NU) DKI Jakarta menobatkan Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran sebagai tokoh moderasi beragama dan kebangsaan. Penobatan tersebut dilakukan saat bersilaturahmi ke Polda Metro Jaya yang diterima langsung oleh Fadil di ruang pertemuan Gedung Promoter Polda Metro Jaya.

Ketua PW RMI-NU DKI Jakarta, KH Rakhmad Zailani Kiki mengatakan Fadil dinobatkan sebagai tokoh moderasi beragama dan kebangsaan karena mampu menciptakan kehidupan yang harmonis di DKI Jakarta. Ia mengatakan Fadil mampu meredam tensi antarkelompok yang sempat memanas karena adanya paksaan kepentingan atas nama ideologi dan agama tertentu.

Baca juga: Polres Metro Jakpus Buru Bandar Narkoba Pelindas Iptu JM

"Sebelum beliau (Fadil) hadir sempat panas dan hampir mengalami disintegrasi sosial oleh ulah kelompok-kelompok intoleran yang memaksakan kepentingannya atas nama agama atau ideologi keagamaan tertentu yang merongrong persatuan bangsa dan NKRI," kata Kiki, di Jakarta, Senin (22/11).

Kiki mengatakan Fadil juga telah memberikan pengaruh yang besar dan memotivasi pihaknya untuk lebih giat dalam memperkuat moderasi beragama dan kebangsaan melalui pesantren dan juga majelis taklim.

Sementara itu, Fadil menyambut baik silaturahmi dari RMI-NU DKI Jakarta. Ia memerintahkan jajarannya untuk berkunjung ke pesantren-pesantren yang ada di wilayahnya untuk mengetahui masalah kriminalitas, gangguan keamanan dan ketertiban yang terjadi di lingkungannya.

"Untuk moderasi beragama, orang NU tidak usah diragukan lagi, sudah moderat. Punya ajaran dari KH Hasyim Asy'ari hubbul wathon minal iman, cinta tanah air sebagian dari iman, dan juga punya lagu Yalal Wathon. Namun nasalah yang perlu diperhatikan juga adalah narkoba, tawuran yang ini merupakan penyakit yang selalu terjadi dan harus diselesaikan," kata Fadil. (J-2)

Baca Juga

Antara

243 Kasus Omikron Transmisi Lokal Terdeteksi di DKI

👤Ant 🕔Senin 17 Januari 2022, 23:27 WIB
"Total kasus omikron di DKI ada 825, terpapar dari luar negeri 582, yang transmisi lokal atau nonpelaku perjalanan luar negeri 243...
MI/Rahmatul Fajri

Polisi Terbitkan SP3 Kasus Mafia Tanah Tukang AC

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 17 Januari 2022, 20:32 WIB
POLRES Metro Jakarta Barat mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) dalam kasus mafia tanah dengan korban tukang AC, Ng Je...
Medcom

Penetapan Raperda Tangsel 2022 Jangan Tabrak Regulasi

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 17 Januari 2022, 20:22 WIB
DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, telah memasukan 24 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) ke Program Pembentukan Perda...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya