Selasa 28 September 2021, 15:09 WIB

Besok, Pasar Mayestik dan Blok M Square Uji Coba Terapkan PeduliLindungi

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Besok, Pasar Mayestik dan Blok M Square Uji Coba Terapkan PeduliLindungi

ANTARA FOTO/Nyoman Hendra
Ilustrasi penggunaan aplikasi pedulilindungi

 

BESOK, rencananya Perumda Pasar Jaya bakal mengujicobakan penerapan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di dua pasar yakni Pasar Mayestik dan Pasar Blok M Square.

Manajer Umum dan Humas Perumda Pasar Jaya Gatra Vaganza mengatakan dari hasil komunikasi terakhir dengan Kementerian Perdagangan, dua pasar tersebut disetujui untuk menjadi uji coba.

Ia menjelaskan, pemilihan dua pasar ini karena faktor kedua pasar tersebut merupakan pasar yang sudah cukup modern dan baik dalam segi pengelolaan maupun penerapan protokol kesehatan.

"Dua pasar ini yang kita ajukan dan disetujui oleh Kemendag. Keduanya akan mulai uji coba hari Rabu," kata Gatra saat dihubungi Media Indonesia.

Gatra menegaskan pihaknya meminta agar penerapan aplikasi PeduliLindungi di pasar harus bertahap. Sosialisasi dan edukasi kepada pedagang maupun pembeli harus masif.

"Karena tantangan terbesarnya adalah tidak semua pengunjung dan pedagang pasar itu melek teknologi. Kalau dari segi alat dan sumber daya seperti petugas kita siap," jelasnya.

Baca juga: Ikappi: PeduliLindungi tak Bisa Diimplementasikan di Pasar Tradisional

Untuk persiapan uji coba, pihaknya sudah siap dalam hal penyediaan kode QR untuk pemindaian check in di dalam aplikasi. Sehingga nantinya setiap pengunjung maupun pedagang serta karyawan pasar harus melakukan check in untuk memasuki pasar.

"Untuk persiapan-persiapannya tim kami ada security di pasar itu sudah siap. Sudah mulai disosialisasikan terhadap aplikasi. Ketika ada hambatan tim sudah sigap untuk membantu masyarakat," ungkapnya.

Ia menambahkan, uji coba ini akan terus dipantau dan dievaluasi. Jika hasilnya bagus, Perumda Pasar Jaya tidak menutup kemungkinan akan menerapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di seluruh pasar di Jakarta.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.

Tinjau Gedung Cyber, Wagub: Kebakaran Ini Jadi Pelajaran Untuk Semua

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 03 Desember 2021, 09:20 WIB
Dalam tinjauannya tersebut, pria yang akrab disapa Ariza itu meminta agar kebakaran ini menjadi pelajaran penting bagi seluruh...
dok.mi

Empat Lokasi Layanan SIM Keliling di Jakarta Jumat Ini

👤Muhamad Fauzi 🕔Jumat 03 Desember 2021, 06:55 WIB
EMPAT layanan SIM Keliling disiapkan Polda Metro Jaya bagi masyarakat yang ingin mengurus perpanjangan masa berlaku Surat Izin Mengemudi...
Dok. Pribadi

Pembangunan Berkelanjutan Dapat Ciptakan Jakarta Nyaman Dihuni

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 03 Desember 2021, 00:36 WIB
Widi menjelaskan, Jakpro sebagai perusahaan yang peduli terhadap pembangunan lingkungan berkelanjutan telah berkontribusi pada tujuh proyek...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya