Jumat 27 Agustus 2021, 10:10 WIB

Cakupan Vaksinasi Covid-19 di 6 Kelurahan Jakbar di Bawah 60%, Ini Sebabnya

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Cakupan Vaksinasi Covid-19 di 6 Kelurahan Jakbar di Bawah 60%, Ini Sebabnya

MI/Vicky Gustiawan
Ilustrasi vaksinasi covid-19

 

CAPAIAN vaksinasi covid-19 di enam kelurahan wilayah Jakarta Barat masih di bawah 60%. Enam kelurahan dimaksud adalah Kelurahan Jembatan Besi Kecamatan Tambora (56,67%), Kelurahan Sukabumi Selatan (59,57%), Sukabumi Utara (57,14%), Kebon Jeruk Kecamatan Kebon Jeruk (59,74%) serta Kelurahan Kapuk (59,55%) dan Duri Kosambi Kecamatan Cengkareng (59,37%).

Sekretaris Kota Jakarta Barat Iin Mutmainah menyampaikan adanya berbagai alasan menjadi penyebab capaian vaksinasi warga di enam kelurahan tersebut belum mencapai 60%.

Iin Mutmainah mengakui bahwa Tambora, khususnya wilayah Jembatan Besi, memiliki tingkat kesulitan dalam capaian target vaksinasi. Sejumlah kendala kerap ditemui pada saat pelaksanaan vaksinasi covid.

"Kami sempat bermusyawarah dengan camat, lurah, RW RT, LMK, FKDM, tokoh masyarakat, PKK serta elemen masyarakat. Ini saja sebagai simbol adanya semangat yang sama. Tim nakes dari kecamatan dan kelurahan sudah support kegiatan ini. PR-nya adalah masih ada masyarakat yang belum divaksin. Alasannya, karena punya penyakit. Ada juga masyarakat enggan divaksin," ujar Iin, Kamis (26/8).

Baca juga:  Staf Khusus Presiden Dorong Vaksinasi Kaum Disabilitas di Bogor

Berdasarkan data corona.jakarta.go.id, capaian target vaksinasi wilayah Jembatan Besi masih merah. Wilayah padat penduduk ini harus mengejar target sebanyak 1.059 orang yang harus divaksin agar masuk zona kuning capaian vaksinasi covid-19.

Sebagai solusi, Iin Mutmainah mengimbau kepada camat, lurah serta elemen masyarakat untuk bahu membahu melakukan layanan jemput bola.

"Harus terus diimbau dengan segala upaya secara persuasif. Kita harapkan nanti tingkat kecamatan meng-handle langsung, dan men-support kegiatan vaksin di wilayah Kelurahan Jembatan Besi," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

Dok. Hipmi Jaya

Hipmi Jaya Kukuhkan 315 Anggota Baru

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 23:38 WIB
"Pengukuhan anggota baru merupakan salah satu program kerja BPD HIPMI Jaya dalam rangka pengembangan program kaderisasi serta dalam...
 ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Pasca-Kebakaran Gedung Cyber, Data Center ISC Tetap Berfungsi Normal 

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 20:18 WIB
Data center ISC dapat beropersi dan tak mengalami ganguan karena Data Center ISC Cyber-1 telah memiliki sertifikasi Tier III Facility dari...
Antara/Akbar Nugroho Gumay.

Gedung Cyber 1 Terbakar, Data Center Milik CNI Aman 

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 19:55 WIB
Dengan demikian, sistem proteksi kebakaran di ruang data center tidak mendeteksi potensi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya