Kamis 26 Agustus 2021, 12:40 WIB

Waspadai Klaster Angkutan Umum, Dishub Pastikan Syarat Vaksin Berlaku Ketat

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Waspadai Klaster Angkutan Umum, Dishub Pastikan Syarat Vaksin Berlaku Ketat

MI/M Fahrullah
Layanan TransJakarta

 

DINAS Perhubungan DKI Jakarta memastikan langkah pencegahan telah dilakukan guna meminimalisir timbulnya klaster penularan covid-19 di angkutan umum.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan salah satunya adalah syarat wajib vaksinasi covid-19 bagi calon penumpang angkutan umum seperti TransJakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta.

Baca juga: Sidang Putusan Koalisi Ibu Kota Soal Polusi Udara Kembali Ditunda

"Bahkan di angkutan umum kan kita sekarang sudah persyaratkan seluruh penumpang wajib vaksin bagi 12 tahun ke atas atau minimal vaksin dosis pertama yang ditunjukkan dengan aplikasi JAKI atau peduli lindungi atau dengan ketentuan yang diatur oleh pemerintah," kata Syafrin saat dikonfirmasi, Kamis (26/8).

"Artinya dengan PPKM level 3 di angkutan umum tetap dipersyaratkan calon penumpangnya ada vaksinasi itu," tegasnya.

Sementara itu, untuk KRL Jabodetabek tetap memakai syarat surat tugas atau Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) untuk penumpang. Sebabnya, KRL mengikuti aturan dari Kementerian Perhubungan.

Protokol kesehatan yang ketar juga berlaku di angkutan umum yakni dengan tetap menetapkan kapasitas penumpang maksimal hanya 50% dan penggunaan masker serta jaga jarak.

Di sisi lain, jam operasional angkutan umum yakni MRT Jakarta, TransJakarta, dan LRT Jakarta tetap berakhir pada 20.30 WIB.

"Tentu karena kan di PPKM level 3 ini pembukaan kegiatan kan sampai pukul 20.00. Jadi untuk operasional layanan angkutan umum kita tetap 20.30 terakhir," imbuhnya. (OL-6)


 

Baca Juga

DOK Sinar Mas Land.

Angkat Pariwisata, Kota Deltamas Selenggarakan Festival Kebudayaan Jepang-Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 07:48 WIB
Sinar Mas Land dan Sojitz Corporation melalui PT Puradelta Lestari Tbk menyelenggarakan festival kebudayaan Jepang-Indonesia Deltamas...
dok.Korlantas

Korlantas Gelar Baksos ke Panti Asuhan Kasih Imanuel Jakarta Utara

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:26 WIB
KORPS Lalu Lintas (Korlantas) Polri membagikan ratusan paket sembako ke Panti Asuhan dan Panti Jompo Berkat Kasih Imanuel, di Kawasan...
ANTARA

Polda Metro Gelar Operasi Zebra Jaya 3-16 Oktober

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 19:08 WIB
POLDA Metro Jaya akan menggelar Operasi Zebra Jaya guna peningkatan ketertiban lalu lintas . Operasi Zebra Jaya ini akan berlangsung 14...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya