Jumat 13 Agustus 2021, 18:30 WIB

Pemkot Jakarta Utara Lindungi Kader Dasawisma dengan Program Jamsostek

mediaindonesia.com | Megapolitan
Pemkot Jakarta Utara Lindungi Kader Dasawisma dengan Program Jamsostek

Ist
Kegiatan kolaborasi perlindungan kader Dasawisma melalui program BPJAMSOSTEK di di Ruang Fatahillah Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jumat (

 

WALI Kota Jakarta Utara (Jakut), Ali Maulana Hakim, memberikan perhatian  besar kepada kesejahteraan kader Dasawisma yang berada di wilayah Kota Administrasi Jakut. 

Bentuk perhatian yang diberikan oleh Wali Kota Jakut yang dikenal dekat dengan masyarakat berupa pemberian perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan (Jamsostek) untuk program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Pemberian kartu program perlindungan ini diserahkan secara langsung oleh Ali Maulana kepada enam perwakilan Dasawisma yang hadir di kegiatan Kolaborasi Jakarta Utara bertempat di Ruang Fatahillah Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jumat (13/8).

Acara penyerahan juga disaksikan Deputi Direktur Wilayah BPJAMSOSTEK DKI Jakarta Eko Nugriyanto, Ketua DPP Apindo DKI Jakarta Solihin, Regional Senior Manager PT Indomarco Prismatama Franky Cahayadi, dan Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Kelapa Gading Erfan Kurniawan.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada perusahaan yang telah ikut dalam kolaborasi memberikan perlindungan Jamsostek kepada kader Dasawisma dan semoga kegiatan ini bisa ketuk tular kepada perusahaan lainnya untuk berkontribusi dalam memberikan perlindungan bagi kader dasa wisma di wilayah Jakarta Utara,” ungkap Ali

Hadir secara daring pada kegiatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta Fery Farhati, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara Yenny Nursanti Ali dan pimpinan perusahaan donatur yang memberikan perlindungan Jamsostek kepada 1.212 orang kader Dasawisma sebagai tahap awal.

Dalam sambutanya, Deputi Direktur Wilayah BPJAMSOSTEK DKI Jakarta, Eko Nugriyanto, menyampaikan terima kasih atas inovasi dan kepedulian Wali Kota Jakut yang memberikan perlindungan  Jamsostek bagi kader Dasawisma.

“Mengingat aktivitas yang dilakukan oleh kader Dasawisma memiliki resiko kerja yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja,” katanya.

“Dasa wisma termasuk kedalam kategori pekerja yang harus dilengkapi oleh perlindungan dari BPJAMSOSTEK. Agar mereka tenang dan nyaman dalam bekerja,” ujar Eko.

Hal senada dengan Eko, Ketua DPP Apindo DKI Jakarta, Solihin, menyampaikan dukungannya dan mengajak perusahaan untuk mendukung gagasan Wali Kota Jakut sebagai bentuk kepedulian dan wujud nyata kolaborasi perusahaan dengan pemangku kepentingan lainnya dalam mewujudkan iklim dunia usaha yang kondusif.

“Dukungan dalam bentuk perlindungan BPJAMSOSTEK ini diharapkan dapat membantu meningkatkan produktivitas kinerja Dasawisma yang dimasa pandemi ini langsung bersentuhan dan membantu aktivitas masyarakat di tingkat paling bawah,” ucap Solihin.

Kolaborasi antara perusahaan dan Pemkot Jakut dalam memberikan perlindungan BPJAMSOSTEK kepada kader Dasawisma merupakan yang pertama dilakukan di Provinsi DKI Jakarta. Sebanyak 12.499 kader Dasawisma nantinya bisa terlindungi dari risiko pekerjaan yang mereka lakukan.

Atas hal tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI, Fery Farhati, yang merupakan istri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menyampaikan apresiasi dan rasa harunya atas terlaksananya kegiatan kolaborasi dalam bentuk pemberian perlindungan kepada kader Dasawisma baru terdapat di Jakut dan berharap agar kegiatan serupa bisa diikuti oleh wilayah lainnya di DKI Jakarta. 

Fery menambahkan peran dasa wisma sangatlah besar dalam meningkatkan keberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Kelapa Gading, Erfan Kurniawan mengatakan,“Kegiatan ini dapat menjadi role model bagi sektor usaha lain yang memang sampai saat ini belum tersentuh atau belum mendapatakan perlindungan Jamsostek.“

“Kegiatan ini juga merupakan bukti bahwa perlunya sinergitas serta kolaborasi baik dari pemerintah daerah, BPJAMSOSTEK, dan stakeholder lainnya, bahwa dengan kolaborasi dan sinergi seperti ini dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan terlindungi oleh jaminan sosial ketenagakerjaan sesuai amanat undang - undang,” pungkas erfan.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan santunan manfaat program JKK dan JKM kepada enam orang ahli waris penerima manfaat BPJAMSOSTEK dengan total santunan sebesar Rp440 Juta.

Selain itu, dilakukan pula penyerahan bantuan alat pelindung  diri (APD) berupa 500 set hazmat dan sarung tangan bagi kader pulih di wilayah Jakut dari BPJAMSOSTEK se- wilayah Jakarta Utara yang diterima langsung oleh Wali Kota Jakut. (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Sumur Resapan Merusak Jalan dan Bahayakan Pengguna Lalu Lintas

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 30 November 2021, 15:50 WIB
Pasalnya pembangunan sumur resapan ini menurutnya justru merusak jalanan yang sebelumnya mulus menjadi...
MI/Bary Fathahilah

Polda Metro Jaya Akan Perketat Aktivitas Warga Saat PPKM Level 3

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 30 November 2021, 15:39 WIB
Zulpan mengatakan dengan diterapkannya PPKM Level 3 di Jakarta, pihaknya meminta masyarakat untuk mematuhi aturan yang telah...
ANTARA

Kali Jantung Meluap, Warga Sukamaju Kota Depok Kebanjiran

👤Kisar Rajaguguk 🕔Selasa 30 November 2021, 15:32 WIB
Selain hujan deras, banjir disana juga akibat pembangunan perumahan sehingga air Kali Jantung tidak mengalir lancar dari hulu ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya