Jumat 30 Juli 2021, 18:36 WIB

Separuh Penerima Bansos di Jakarta Belum Vaksin Covid-19

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Separuh Penerima Bansos di Jakarta Belum Vaksin Covid-19

Antara/Aprilio Akbar
Penyaluran Bansos di DKI jakarta

 

DINAS Sosial DKI Jakarta mengimbau agar warga segera melakukan vaksinasi covid-19 khususnya para warga yang menjadi penerima bantuan sosial non tunai (BSNT) berupa beras sebanyak 10 kg. Dari data yang diperoleh oleh Dinsos DKI, diketahui hampir separuh nama keluarga penerima manfaat (KPM) BSNT di Jakarta belum mendapat vaksinasi covid-19.

Ia pun meminta agar aparat lurah dan RT/RW dapat memberikan imbauan kepada warga penerima BSNT untuk segera mendapatkan vaksinasi covid-19.

"Penerima BSNT itu di data kami belum divaksin. KPM itu kan keluarga yang desil 1 sampai desil 4, orang yang masuk kategori mohon maaf, tidak mampu mari daftarkan sentra vaksin," kata Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Premi Lasari dalam diskusi virtual, Jumat (30/7).

Sentra vaksinasi covid-19 di Jakarta telah tersedia di banyak tempat dan mudah dijangkau oleh warga. Terlebih vaksinasi covid-19 saat ini tak mengenal domisili dan usia. Dari usia 13 tahun hingga lansia boleh mendapatkan vaksinasi covid-19 asal memenuhi persyaratan dari segi kesehatan.

Baca juga : DPRD DKI Minta 99 Ribu Data Ganda Penerima Bansos Diperbaiki

Di sisi lain, dirinya membantah bahwa warga yang belum vaksin tidak akan mendapatkan jatah BSNT. Ia menjelaskan, pihaknya hanya akan memberikan imbauan kepada warga penerima BSNT yang belum divaksin.

Namun, ia tidak memungkiri ada sanksi berupa peniadaan bantuan sosial bagi warga yang belum divaksin. Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden No 14 tahun 2021.

"Kalau masuk kategori vaksin tapi dia menolak akan dikenakan sanksi administasi seperti ditunda pemberian layanan jaminan sosial atau bantuan sosial. Pak lurah juga sudah tau, si A di RT/RW sekian belum vaksin, maka Pak Lurah bisa mendaftarkan warganya ini ke sentra vaksin setempat," tandasnya. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aprillio Akbarr

'Positivity Rate' di Jakarta Di Bawah 1%

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 25 September 2021, 20:34 WIB
Total orang dinyatakan telah sembuh sebanyak 841.592 dengan tingkat kesembuhan 98,2%, dan total 13.500 orang meninggal dunia dengan tingkat...
MI/Ramdani

Amankan PON XX Papua, Polda Kalteng Kirim Dua Kompi Pasukan Brimob

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 25 September 2021, 20:33 WIB
Diharapkan dengan bekal latihan yang sudah dilakukan dan mempersiapkan peralatan yang akan digunakan, seluruh personel pengamanan dapat...
MI/Galih Pradipta

Anggaran Habis, Perbaikan Gedung Sekolah Rusak di Depok Ditunda

👤Kisar Rajaguguk 🕔Sabtu 25 September 2021, 20:22 WIB
Dinas Pendidikan Depok telah mengajukan rehabilitasi gedung sekolah yang rusak kepada Wali Kota melalui Dinas Perumahan dan Permukiman...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya