Sabtu 10 Juli 2021, 15:52 WIB

Survei Serologi: Setengah Warga DKI Pernah Terinfeksi Covid-19

Hilda Julaika | Megapolitan
Survei Serologi: Setengah Warga DKI Pernah Terinfeksi Covid-19

MI/M Irfan.
Mural edukasi dan sosialisai protokol kesehatan untuk pemberantasan covid 19 di tiang jalan tol layang, Jalan Laksamana Yos Sudarso, Jakut.

 

EPIDEMIOLOG Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI Pandu Riono mengatakan hampir setengah dari warga Jakarta pernah terinfeksi covid-19. Dari jumlah tersebut sebagian besar malah tidak terdeteksi oleh sistem testing dan tracing oleh Pemprov DKI Jakarta.

Hal ini didasarkan pada hasil survei serologi covid-19 oleh Tim Pandemi FKM UI. Survei dilakukan dengan mengumpulkan data dan spesimen pada 15-31 Maret 2021.

"Hampir separuh penduduk DKI tepatnya 44,5% pernah terinfeksi covid-19. Ini cukup besar karena Jakarta merupakan episentrum pandemi dan memiliki kontributor terbesar dari kasus yang terjadi di Indonesia," kata Pandu dalam Konferensi Pers Diseminasi Hasil Survei Serologi Covid-19 secara virtual, Sabtu (10/7).

Berdasarkan data tersebut, persentase perempuan yang terinfeksi lebih tinggi 47,9% dan laki2 41,0%. Adapun untuk kelompok usia hampir semua kelompok pernah terkena virus, mulai dari balita, anak muda, hingga lansia. "Ini menyerang hampir semua penduduk termasuk saat ini anak yang semakin banyak terinfeksi bergejala dan meninggal,” ujarnya.

Baca juga: Langgar PPKM Darurat, Satu Rukan di Green Garden Disegel

 

Sementara itu, dari penularan per wilayah. Tercatat Jakarta Pusat menjadi wilayah penyebaran covid-19 paling tinggi sebesar 53,7%. Ini diikuti oleh Jakarta Barat sebesar 45,4%, Jakarta Utara 44,5%, Jakarta Selatan 44,4%, Jakarta Timur 40,9%, dan Kepulauan Seribu 39,3%. “Hal ini bisa juga terjadi karena Jakarta Pusat memiliki mobilitas yang sangat tinggi seperti ramai perkantoran dan lain sebagainya,” jelasnya. (OL-14)

Baca Juga

MI/Barry F

Penumpang Bus Transjakarta Sudah Boleh Terisi 100%

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 08:49 WIB
PT Transjakarta mulai memberlakukan kapasitas angkut pelanggan sebesar 100%, setelah PPKM di DKI Jakarta turun ke level...
Antara

Anda Ingin bayar Pajak Kendaraan, Ini 14 Samsat Keliling di Jadetabek

👤Muhamad Fauzi 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 08:40 WIB
ADA 14 Samsat Keliling untuk memfasilitasi masyarakat di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek) dalam pembayaran pajak kendaraan...
Antara

Anies: Kapasitas Kantor Non-Esensial Boleh 50%

👤Ant 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 23:50 WIB
Untuk perkantoran sektor esensial kapasitas pegawai WFO ditingkatkan dari 50 persen menjadi 75...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya