Kamis 08 Juli 2021, 19:58 WIB

Anies: Capai Herd Immunity dengan Vaksinasi, Bukan Infeksi

Selamat Saragih | Megapolitan
Anies: Capai Herd Immunity dengan Vaksinasi, Bukan Infeksi

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

 

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan, menginginkan masyarakat di Jakarta segera terbentuk herd imunity atau kekebalan kelompok untuk mengendalikan penyebaran covid-19. Kekebalan kelompok tersebut dapat terbentuk melalui dua jalur yakni jalur vaksinasi covid-19 dan jalur infeksi.

"Terinfeksi tumbuh imunitas atau vaksinasi tumbuh imunitas. Kita ingin lebih banyak yang tumbuh imunitasnya karena vaksinasi bukan karena infeksi. Karena itulah program vaksinasi harus masif,” ujar Anies saat memberikan pengarahan kepada vaksinator yang bertugas pada mobil vaksin keliling, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (8/7).

Anies mengatakan, pada 7 Juli kemarin, masyarakat Jakarta telah memasuki milestone penting yakni lima juta warga yang berhasil mendapatkan vaksin dosis pertama.

Pemprov DKI terus melakukan berbagai upaya agar target vaksinasi bisa tercapai setidaknya sampai akhir Agustus, sebanyak 7,5 juta warga sudah divaksin.

Baca juga: IKAPPI Minta Prokes di Pasar Rumput Diperketat

Salah satunya, lanjut Anies, dengan melalui mobil vaksin keliling nantinya mendatangi lokasi warga yang ingin divaksin dan sudah mendaftarkan melalui aplikasi Jaki.

"Kita genjot terus dan salah satunya adalah dengan aktivitas vaksinasi keliling yang sudah disiapkan kendaraannya,” jelas Anies.

Dia pun meminta kepada para petugas agar menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya dan melayani masyarakat yang divaksin dengan baik.

Menurut Anies, apa yang dilakukan para petugas bukan saja tanggung jawab, tetapi kehormatan dari negara untuk menjalankan misi kemanusiaan dan moral, menyelamatkan banyak orang dari keterpaparan Covid-19.

"Saya sering sampaikan kepada tim dinas kesehatan dan tim di DKI bahwa ukuran keberhasilan kita bukan hanya pada angka-angka statistik yang biasa kita lihat, ukuran keberhasilan kita adalah pada warga Jakarta, keluarga-keluarga di Jakarta bisa berkata syukur alhamdulillah untung kita tinggal di Jakarta," ungkap Anies.

"Inilah yang ingin kita tumbuhkan di tengah masyarakat, di keluarga-keluarga bahwa pemerintahnya hadir melindungi, memasilitasi sehingga mereka merasa bersyukur bahwa berada di Jakarta terlindungi dan bila ada masalah tertangani dengan baik," ungkap Anies. (OL-4)

Baca Juga

Ilustrasi

Pencuri Bobol Rumah Kosong di Jakbar Siang Hari, Korban Rugi Rp400 Juta

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:30 WIB
Kapolsek Cengkareng Kompol Ardhie Demastyo mengatakan kejadian berawal saat korban bernama Desi bersama suami dan anaknya pergi...
MI/Selamat Saragih

HIPMI BPC Kepulauan Seribu, Semangat Kewirausahaan Untuk Menggali Potensi Baru

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:22 WIB
KETUA Umum BPD HIPMI DKI Jakarta Raya (HIPMI Jaya) Sona Maesana melantik pengurus Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda...
Dok MI

Pengunjung Jakarta Fair Kemayoran Diimbau Tak Bawa Kendaraan Pribadi

👤Ficky Ramadhan 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:00 WIB
Diharapkan kepada masyarakat yang ingin mengunjungi JFK dapat menggunakan transportasi umum yang sudah disediakan, untuk menghindari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya