Selasa 29 Juni 2021, 19:04 WIB

Hotel Cik's Mansion Menteng Difungsikan Sebagai Tempat Isolasi

Mediaindonesia.com | Megapolitan
Hotel Cik

Antaranews.com
Hotel Cik's Mansion, Menteng

 

Pemerintah Kota Jakarta Pusat segera memfungsikan Hotel Cik's Mansion, Menteng, sebagai tempat isolasi terkendali bagi pasien COVID-19 tanpa gejala dan tanpa penyakit penyerta atau komorbid.

Jajaran Pemkot Jakarta Pusat pun telah melakukan simulasi untuk penerimaan pasien COVID-19 di hotel yang berada di Jalan Pegangsaan Barat tersebut.

"Hotel Cik's Mansion, Menteng disiapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta khusus untuk warga Jakarta Pusat untuk menerima pasien terkonfirmasi positif COVID-19 tanpa gejala dan tanpa komorbid," kata Kasudin Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari saat simulasi pasien di Hotel Cik's Mansion Jakarta Pusat, Selasa (29/6).

Erizon menjelaskan isolasi terkendali untuk warga yang dinyatakan positif COVID-19, namun tidak memiliki gejala (OTG) dan komorbid.

Warga tersebut harus memiliki surat keterangan dari Puskesmas setempat yang kemudian akan didaftarkan secara sistem oleh Sudin Kesehatan Jakarta Pusat.

Pasien OTG dapat langsung menyerahkan surat keterangan dari Puskesmas kepada petugas di Hotel Cik's Mansion. Selanjutnya, mereka akan diarahkan ke pemeriksaan yang dilakukan petugas medis.

Setelah didata dan diperiksa kesehatannya, pasien OTG akan mendapatkan kunci kamar hotel. Tanpa didampingi petugas, pasien OTG bisa langsung menggunakan lift menuju kamar dan menjalani isolasi selama 10 hari, setelah dinyatakan positif berdasarkan tes usap "PCR".

Selama menjalani isolasi, kebutuhan makanan dan vitamin akan difasilitasi oleh Dinas Sosial dan Puskesmas asal pasien. Setelah menjalani isolasi selama 10 hari dan dinyatakan negatif, pasien bisa kembali ke rumah menggunakan lift khusus.

Erizon merinci Hotel Cik's Mansion memiliki 77 kamar yang saat ini ditujukan bagi pasien OTG warga Jakarta Pusat.

"Kita utamakan untuk warga Jakarta Pusat tetapi tidak menutup kemungkinan untuk wilayah lainnya. Saat ini untuk warga Jakarta Pusat karena banyak yang tidak mampu melakukan isolasi mandiri di wilayahnya," tutur Erizon.

Ia menargetkan penerimaan pasien OTG untuk isolasi di Hotel Cik's Mansion dapat dilakukan hingga dua hari ke depan. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Antara

Ada ANBK Tingkat SMA, PTM di Jakarta Harus Ditunda

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 26 September 2021, 17:50 WIB
Dinas Pendidikan DKI Jakarta khawatir jika PTM terbatas tahap II tetap dijalankan selama ANBK tingkat SMA, dapat menciptakan kerumunan di...
Antara

Soal Polemik Formula E, DPRD DKI: Kami Juga Terkena Dampak

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 26 September 2021, 16:40 WIB
DPRD menyatakan juga akan mengalami kesulitan, jika menyetujui penggunaan APBD untuk Formula E, yang dinilai tidak bermanfaat bagi...
DOK Sinar Mas Land.

Dukung BNN, Sinar Mas Land Berpartisipasi dalam Kampanye Antinarkoba

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 13:54 WIB
Kedua lokasi tersebut dipilih mengingat posisinya yang strategis di BSD City serta arus lalu lintasnya yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya