Kamis 10 Juni 2021, 13:42 WIB

McDonald's Disanksi, Pemprov DKI: Menyebabkan Potensi Penularan

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
McDonald

MI/ANDRI WIDIYANTO
Pengemudi ojek online mengantre untuk mengambil pesanan makanan cepat saji tanpa menerapkan protokol kesehatan di gerai McDonald

 

DINAS Kesehatan DKI Jakarta menyayangkan terjadinya kerumunan ojek online (ojol) di gerai-gerai restoran cepat saji McDonald's atau McD pada Rabu, 9 Juni 2021.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia menyebut, di mana ada kerumunan maka di situ akan ada potensi penularan covid-19.

"Prinsipnya semua tempat orang kerumunan di mana saja punya potensi terjadi penularan kalau ada orang yang positif di sekitar mereka," kata Dwi saat dihubungi, Rabu (9/6).

Untuk itulah ia terus mengimbau kepada masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan di mana saja. Meskipun sudah divaksin, tidak menutup kemungkinan individu bersangkutan tetap membawa virus covid-19 sehingga protokol kesehatan tetap harus diutamakan.

Baca juga: Rizieq Bandingkan Tuntutan JPU dengan Kasus Red Notice yang Ringan

Ia juga mengingatkan agar masyarakat yang memandang adanya pelanggaran protokol kesehatan harus berani menegur atau saling mengingatkan satu sama lain.

"Harus bisa berani untuk mengingatkan kalau ada orang lain yang tidak taat 3M," tegasnya.

Di sisi lain, Pemprov DKI Jakarta terus berupaya mengejar vaksinasi covid-19 agar dapat secepatnya mencapai 'herd immunity'.

"Vaksinasi bukan satu-satunya cara tetapi vakasinasi diharapkan bisa efektif untuk mencegah penularan covid atau mencegah covid berat saat orang terinfeksi," tukasnya.

Sebelumnya, McD diserbu oleh pembeli kemarin usai merilis menu baru hasil kerja sama antara restoran cepat saji itu dengan grup Kpop Bangtan Boys atau BTS.

Akibatnya, antrean ojol mengular bahkan hingga menyebabkan kerumunan. Setidaknya, ada 32 gerai McD yang diberi sanksi oleh Satpol PP DKI Jakarta dari mulai teguran tertulis hingga penutupan sementara 1x24 jam. (OL-4)

Baca Juga

Antara

Wisma Atlet Penuh, Pemprov DKI Siapkan Lokasi Isolasi di Ragunan dan TMII

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 15 Juni 2021, 22:02 WIB
Data terbaru 15 Juni 2021, jumlah pasien di RS Wisma Atlet sudah mencapai 5.453 orang atau mencapai 83,9% dari kapasitas yang...
MI/Angga Yuniar

3.823 Orang Ditangkap Polisi Terkait Premanisme dan Pungli

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 15 Juni 2021, 21:19 WIB
Pengungkapan terbanyak, lanjut Rusdi, dilakukan di wilayah hukum Polda Jawa Tengah, yaitu sebanyak 922 orang yang sempat...
AFP

Pemkot Jakut Targetkan Vaksin 21 Ribu Warga Per Hari

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 15 Juni 2021, 20:54 WIB
Pelaksanaan vaksinasi berpegang teguh pada konsep kolaborasi yang menyesuaikan dengan karakteristik masing-masing...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pengelola Nakal di Hunian Vertikal

TREN masyarakat tinggal di hunian vertikal terus meningkat dalam lima tahun belakangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya