Jumat 07 Mei 2021, 15:40 WIB

Satpol PP Perketat Pengawasan Mal dan Tempat Wisata

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Satpol PP Perketat Pengawasan Mal dan Tempat Wisata

Dok.MI
Suasana mal di jakarta selama pandemi covid-19

 

SATUAN Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) DKI Jakarta akan memperketat pengawasan di tempat-tempat wisata serta pusat perbelanjaan selama masa larangan mudik. Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin menduga, dua jenis lokasi itu akan diserbu masyarakat saat lebaran dan setelah lebaran karena adanya kebijakan larangan mudik.

Kebijakan larangan mudik yang berlaku pada 6-17 Mei itu menurut Arifin akan menyebabkan masyarakat yang tidak dapat mudik untuk berpergian menghabiskan waktu liburnya di dalam kota seperti di pusat perbelanjaan dan objek wisata. Di sisi lain, hingga saat ini belum ada kebijakan penutupan tempat wisata dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI.

"Ya kemungkinan akan ada tempat-tempat yang akan jadi sasaran untuk mereka berkumpul. Misalnya objek wisata. Ini juga jadi sasaran tugas Satpol PP untuk melakukan pengawasan. Dia tidak boleh ada kerumunan di tempat-tempat wisata pada saat hari Lebaran atau setelah hari Lebaran. Kemudian di mall, mungkin jadi sasaran dari keluarga untuk memanfaatkan waktu luangnya untuk ke mall," ujarnya saat ditemui di Balai Kota, Jumat (7/5).

Baca juga: PKL Kembali Ramaikan Tanah Abang, Satpol PP Tambah Personel

Ia pun memastikan protokol kesehatan di lokasi-lokasi wisata dan pusat perbelanjaan ini telah berjalan dengan baik. Satpol PP DKI Jakarta telah intens berkomunikasi dengan para pengelola pusat perbelanjaan termasuk asosiasi agar protokol kesehatan seperti jaga jarak, pengawasan pemakaian masker, hingga jumlah kapasitas pengunjung 50% tetap diberlakukan. Pengawasan ini juga melibatkan peran satgas penanganan covid-19 pusat perbelanjaan.

"Kita melakukan pengawasan beberapa waktu lalu. Pengawasan di mall termasuk rumah makan di mall. Ya beberapa ada sih ya yang melakukan pengabaian kita berikan teguran agar menaati dan memperbaiki disempurnakan agar ke depann lebih baik lagi prokesnya," tukasnya. (OL-4)

Baca Juga

Antara

Pemprov DKI Klaim 75% Bantuan Tunai Sudah Terdistribusi

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 25 Juli 2021, 23:51 WIB
“Mudah-mudahan ke depan bantuan ini bisa disalurkan melalui ATM supaya tidak terjadi kerumunan karena berpotensi penularan...
Ist

Gubernur dan Wagub DKI Minta Generasi Z Terus Asah Kemampuan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Juli 2021, 21:52 WIB
Wagub DKI berpesan agar para lulusan SMAN 8 Jakarta tidak hanya mengejar ilmu pengetahuan, tetapi juga mendalami agama...
Antara

Positivity Rate di Jakarta Masih Tinggi

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 25 Juli 2021, 20:10 WIB
Meski kasus harian covid-19 di Jakarta mengalami tren penurunan, namun persentase kasus positif (positivity rate) masih tinggi sebesar...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Dunia Usaha Jangan Menyerah

BADAI covid-19 kembali menerpa Indonesia. Sapuan gelombang kedua itu otomatis membuat berbagai rencana yang telah disusun harus dihitung ulang.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya