Kamis 06 Mei 2021, 12:01 WIB

Soal Tempat Wisata, DPRD DKI Usul Buka yang Outdoor

Hilda Julaika | Megapolitan
Soal Tempat Wisata, DPRD DKI Usul Buka yang Outdoor

MI/Ramdani
Ilustrasi tempat wisata outdoor di Jakarta

 

KETUA Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz menyarankan agar tidak semua tempat wisata di Jakarta dibuka saat libur lebaran. Menurutnya, perlu ada kriteria khusus tempat wisata yang boleh dibuka dan tidak. Ia menyarankan hal ini berdasarkan potensi penularan covid-19.

Salah satunya, dengan membuka tempat wisata yang berada di kawasan outdoor saja. Karena dinilai penularan covid-19 lebih rendah.

“Perlu kriteria yang jelas mana tempat yang perlu ditutup dan mana yang tidak berdasarkan potensi penularan covid-19,” kata Aziz saat dihubungi, Kamis (6/5).

Hal ini diutarakannya untuk menanggapi usulan dari Polda Metro Jaya yang menyaarnkan Dinas Pariwisata DKI menutup tempat wisata di masa libur lebaran 6-17 Mei. Dengan tujuan untuk agar tidak menimbulkan gelombang covid-19.

Kendati demikian, politikus PKS ini menyarankan tempat wisata boleh saja dibuka. Namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dengan tetap memilah tempat wisata yang layak untuk dibuka dan memang harus ditutup. Selanjutnya, bila terjadi pelanggaran protokol disarankan agar tempat wisata yang bersangkutan ditutup dulu.

“Saya kira tidak perlu ditutup tapi cukup diingatkan apabila terjadi pelanggaran prokes akan ditutup. Karena itu managemen juga terlibat untuk menerapkan prokes,” jelasnya.

Baca juga: emprov DKI Kaji Penutupan Tempat Wisata Selama Lebaran

Pihaknya juga mengingatkan agar dilakukan proses pendataan pengunjung dengan baik. Sehingga bila terdapat kasus positif covid-19 bisa dilakukan pelacakan (tracing) kontak oleh pihak terkait. Hal ini dilakukan dalam rangka penanganan covid-19 di Ibu Kota.

Sementara itu, Plt. Kabid Industri Pariwisata Dedi Sumardi mengatakan terkait pembukaan wisata di masa lebaran ini masih dalam kajian. Kajian dilakukan dengan beberapa pihak terkait untuk menimbang dari penerapan dibukanya tempat wisata.

“Sedang dilakukan pembahasan dan dikoordinasikan,” ungkapnya.(OL-5)

Baca Juga

dok.humas

Wagub DKI Apresiasi Vaksinasi di Unas Berjalan Lancar dan Efektif

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 27 Juli 2021, 21:59 WIB
WAGUB DKI Ahmad Riza Patria memantau sentra vaksinasi Covid-19 di Universitas Nasional (Unas) dan menilai, program vaksinasi di Unas...
MI/Reza Sunarya

Polda Metro Periksa Terduga Penipu Rekrutmen Satpol PP

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 27 Juli 2021, 21:35 WIB
Dua orang terduga pelaku tersebut diketahui berinisial YF dan BA. Adapun pelapor dalam kasus dugaan penipuan tersebut adalah institusi...
MI/Andri Widiyanto

9 Orang Jadi Korban Penipuan Rekrutmen Satpol PP DKI

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 27 Juli 2021, 17:24 WIB
Pihak Satpol PP DKI Jakarta telah melaporkan kasus penipuan terkait rekrutmen pegawai ke Polda Metro Jaya pada Senin (26/7)...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Saling Jaga dari Serangan Virus

PANDEMI covid-19 telah berdampak besar bagi warga, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan harian, seperti ojek daring, buruh harian, dan pekerja lepas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya