Selasa 04 Mei 2021, 10:18 WIB

Polisi Lakukan Rekayasa Lalu Lintas di Pasar Tanah Abang

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Polisi Lakukan Rekayasa Lalu Lintas di Pasar Tanah Abang

MI/Andri Widiyanto
Suasana kosong Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Senin (3/5/2021)

 

DIREKTORAT Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan rekayasa lalu lintas di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan rekayasa lalu lintas itu dilakukan untuk mengatisipasi adanya kepadatan pengunjung.

"Kita lakukan rekayasa penutupan dan pengalihan arus di Kawasan Tanah Abang," kata Sambodo, dalam keterangan tertulis, Selasa (4/5).

Sambodo mengatakan sejumlah titik jalan akan ditutup jika adanya kepadatan mengarah ke Pasar Tanah Abang. "Titik-titik yg ditutup antara lain, Bongkaran, Petamburan arah Tanah Abang, Layang Jatibaru, Tanah Abang Blok G," kata Sambodo.

Sambodo mengatakan pengalihan dan penutupan lalu lintas di Pasar Tanah Abang akan dilakukan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Kebijakan rekayasa lalin di Tanah Abang dilakukan sampai menjelang Lebaran. Buka tutup nantinya melihat kepadatan lalu lintas," pungkasnya.

Kerumunan pengunjung Pasar Tanah Abang sempat menjadi sorotan di tengah pandemi covid-19. Pengunjung yang membeli pakaian untuk kebutuhan Hari Lebaran tampak berjubel dan berdesak-desakan. Selain itu, jalan di sekitar Pasar Tanah Abang juga macet, karena ramainya pengunjung, pedagang yang berjualan di luar pasar, dan parkir kendaraan di pinggir jalan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut terdapat 100 ribu orang memadati Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/4). Anies menyebut kenaikan pengunjung mulai terlihat sejak Sabtu (2/4) kemarin dengan 87 ribu orang. Jumlah ini meningkat drastis pada hari sebelumnya dengan 35 ribu pengunjung.

baca juga: Tanah Abang

Personel gabungan lalu menertibkan pedagang yang tumpah ruah ke jalan. Polisi juga memperketat penjagaan di luar dan di dalam pasar.

"[Blok] A, B, F, G itu lima tapi satu plotting ABFG sama Pasar Grosir di atas. Personel ada di setiap pintu masuk ada 17 pintu masuk itu akan ada pengamanan dari tiga pilar. Untuk mengecek prokes suhu dan penggunaan masker dengan benar karena kita lihat kadang dia pakai masker cuma tidak benar makainya," kata Kapolsek Tanah Abang AKBP Singgih Hermawan.(OL-3)

 

 

Baca Juga

MI/ Vicky Gustiawan

Esok Ragunan Dibuka dengan 30% Kuota Pengunjung

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 13 Mei 2021, 21:59 WIB
Wahyudi mengatakan pihanya juga mendirikan sebanyak 10 pos pengamanan yang tersebar di sejumlah titik di kawasan...
Antara

758 Orang di DKI Jakarta Hari Ini Positif Covid-19

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 13 Mei 2021, 21:49 WIB
Sebanyak 8.229 orang dites PCR hari ini untuk mendiagnosis kasus baru dengan hasil 785 positif dan 7.444...
MI/Andri Widiyanto

Hari Ini, Jakarta Sumbang Kasus Covid-19 Terbanyak

👤Yanti Nainggolan 🕔Kamis 13 Mei 2021, 18:18 WIB
Pada Kamis (13/5) ini, wilayah DKI Jakarta melaporkan 785 kasus covid-19 baru. Lalu, kontribusi kasus tinggi disusul wilayah Riau dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya