Jumat 09 April 2021, 09:52 WIB

Asesmen Berlanjut, Sekolah Uji Coba Tatap Muka Bisa Bertambah

Hilda Julaika | Megapolitan
 Asesmen Berlanjut, Sekolah Uji Coba Tatap Muka Bisa Bertambah

MI/VICKY GUSTIAWAN
Siswi SMKN 60 Jakarta jurusan Tata Boga mengikuti uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SMKN 60 Jakarta, Rabu (7/4/2021).

 

SUKU Dinas Pendidikan Wilayah I dan II Jakarta Utara memastikan proses asesmen uji coba pembukaan sekolah terbatas terus berlanjut. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan jumlah sekolah yang melaksanakan uji coba pembukaan sekolah terbatas akan bertambah ke depannya.

Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Utara, Sri Rahayu Asih Subekti mengatakan, proses asesmen sekolah untuk uji coba pembukaan sekolah terbatas di wilayahnya terus berjalan.

"Proses asesmen masih terus berjalan. Jika sekolah itu telah dinilai lulus maka bisa melaksanakan uji coba belajar tatap muka," ujarnya, Jumat (9/4).

Menurutnya, proses asesmen yang dilakukan meliputi sarana dan prasarana memadai hingga pelatihan sistem pembelajaran campuran (blended learning) bagi tenaga pendidik. Termasuk tenaga pendidik yang telah mengikuti vaksinasi covid-19.

"Sekolah harus melengkapi segala persyaratan yang dikeluarkan baik dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta untuk dapat melaksanakan uji coba belajar tatap muka," kata Sri.

Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Jakarta Utara, Purwanto menambahkan hampir seluruh sekolah di Jakarta Utara memiliki sarana dan prasarana memadai untuk pencegahan covid-19. Namun, untuk syarat pelatihan sistem pembelajaran campuran (blended learning) sampai saat ini beberapa sekolah masih mengikutinya dan diwajibkan minimal tiga tenaga pendidik lulus sesuai standar penilaian.

"Pelatihan itu ada tugas-tugasnya bagi peserta yang ikut. Mereka harus lulus itu dulu. Kalau sudah minimal tiga tenaga pendidik lulus maka sekolah bisa melaksanakan uji coba belajar tatap muka tapi harus ada surat persetujuan wali murid terlebih dahulu yang menyatakan kesediaan mengikuti belajar tatap muka," tandasnya.

baca juga: Kompetensi Guru Pegang Peran Penting Dalam PTM Terbatas

Sekadar diketahui, enam sekolah di Jakarta Utara sudah melangsungkan uji coba pembukaan sekolah terbatas pada Rabu (7/4) kemarin. Di Wilayah I, uji coba dilaksanakan di SDN Pademangan Barat 11 Pagi dan SDN Pejagalan 03 Pagi. Lalu di Wilayah II, dilaksanakan di SDN Rorotan 02 Pagi, SDN Sukapura 01 Pagi, SMKS Walang Jaya, dan SMAK Penabur Kelapa Gading. (OL-3)

 

Baca Juga

MI/M Fahrullah

BMKG Prediksi Sebagian Jakarta Hujan Hari Ini

👤Hilda Julaika 🕔Senin 12 April 2021, 08:27 WIB
"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang dan sore...
Dok YKPC

YKPC Tegaskan Punya Legalitas Penguasaan atas Lahan di Depok

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 11 April 2021, 22:32 WIB
Rudatiyani mengatakan, kliennya merupakan pemilik yang sah atas lahan tersebut berdasarkan kepemilikan atas tanah dan putusan...
Ist/Baznas

BaznasĀ (Bazis) DKI Lepas Duta Imam Tarawih ke Masjid di Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 11 April 2021, 20:00 WIB
Para calon imam tarawih disyaratkan harus memenuhi beberapa kriteria diantaranya adalah memiliki hafalan Al-Qur'an minimal 10 juz,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya