Kamis 08 April 2021, 22:34 WIB

Kompetensi Guru Pegang Peran Penting Dalam PTM Terbatas

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Kompetensi Guru Pegang Peran Penting Dalam PTM Terbatas

ANTARA
Kompetensi guru memegang peran penting dalam pembelajaran tatap muka terbatas di era pandemi covid-19.

 

TANTANGAN pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di era pandemi Covid-19 tidak akan mudah. Pasalnya, guru harus memberikan pendidikan secara tatap muka dan juga daring.

"PTM yang kita uji coba saat ini di 85 sekolah ini tidak seperti normal, tetapi lebih mempersiapkan pembelajaran campuran. Ada pembelajaran daring dan juga luring. Ini tantangan yang tidak mudah,” ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana dalam peluncuran Gerakan Guru Cerdas yang berlangsung secara daring, Kamis (8/4).

Menurutnya, para guru harus mempersiapkan mental dan niat yang kuat untuk membuat materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Dijelaskan Nahdiana, kompetensi guru dan kepala sekolah memegang peranan penting dalam PTM terbatas.

Lebih jauh, Nahdiana mengapresiasi Gerakan Guru Cerdas yang merupakan gerakan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menguasai pembelajaran campuran. Melalui gerakan tersebut diharapkan terjadi transformasi kemampuan guru.

Di sisi lain, salah satu penggagas Gerakan Guru Cerdas, Indra Charismiadji mengatakan guru harus memiliki kompetensi pembelajaran campuran pada pelaksanaan PTM terbatas. Menurutnya, guru dituntut mengajar melalui dua model pembelajaran atau pembelajaran campuran yakni tatap muka dan daring

Karena itu, pihaknya meluncurkan Gerakan Guru Cerdas yang membekali guru dengan kompetensi pembelajaran campuran. Pelatihan tersebut diberikan selama tiga bulan lamanya dan diperuntukkan bagi seluruh guru di DKI Jakarta.

"Untuk tahap awal akan dilakukan di DKI Jakarta terlebih dahulu, jika sukses maka akan berlanjut ke daerah-daerah lain,” jelas dia. (RO/OL-15)

 

Baca Juga

DOK Kemenag

Kasus Paul Zhang, Wamenag Minta Umat Islam Untuk Menahan Diri

👤Widhoroso 🕔Minggu 18 April 2021, 21:54 WIB
UMAT Islam diminta untuk menahan diri terkait penistaan agama yang dilakukan Jozeph Paul Zhang. Hal itu diungkapkan Wakil Menteri Agama...
Dok Humas KLHK

Lahir Seekor Elang Jawa di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 18 April 2021, 20:15 WIB
Elang Jawa merupakan salah satu dari tiga spesies kunci di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) dan sebagai satwa endemik Pulau...
dok cokelatin signature

Mengolah Criollo dari Biji Kakao Terbaik

👤RO/Micom 🕔Minggu 18 April 2021, 19:48 WIB
Biji kakao ini memiliki kandungan kadar gula yang rendah, aroma coklat yang wangi serta tekstur rasa yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya