Kamis 08 April 2021, 22:34 WIB

Kompetensi Guru Pegang Peran Penting Dalam PTM Terbatas

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Kompetensi Guru Pegang Peran Penting Dalam PTM Terbatas

ANTARA
Kompetensi guru memegang peran penting dalam pembelajaran tatap muka terbatas di era pandemi covid-19.

 

TANTANGAN pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di era pandemi Covid-19 tidak akan mudah. Pasalnya, guru harus memberikan pendidikan secara tatap muka dan juga daring.

"PTM yang kita uji coba saat ini di 85 sekolah ini tidak seperti normal, tetapi lebih mempersiapkan pembelajaran campuran. Ada pembelajaran daring dan juga luring. Ini tantangan yang tidak mudah,” ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana dalam peluncuran Gerakan Guru Cerdas yang berlangsung secara daring, Kamis (8/4).

Menurutnya, para guru harus mempersiapkan mental dan niat yang kuat untuk membuat materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Dijelaskan Nahdiana, kompetensi guru dan kepala sekolah memegang peranan penting dalam PTM terbatas.

Lebih jauh, Nahdiana mengapresiasi Gerakan Guru Cerdas yang merupakan gerakan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menguasai pembelajaran campuran. Melalui gerakan tersebut diharapkan terjadi transformasi kemampuan guru.

Di sisi lain, salah satu penggagas Gerakan Guru Cerdas, Indra Charismiadji mengatakan guru harus memiliki kompetensi pembelajaran campuran pada pelaksanaan PTM terbatas. Menurutnya, guru dituntut mengajar melalui dua model pembelajaran atau pembelajaran campuran yakni tatap muka dan daring

Karena itu, pihaknya meluncurkan Gerakan Guru Cerdas yang membekali guru dengan kompetensi pembelajaran campuran. Pelatihan tersebut diberikan selama tiga bulan lamanya dan diperuntukkan bagi seluruh guru di DKI Jakarta.

"Untuk tahap awal akan dilakukan di DKI Jakarta terlebih dahulu, jika sukses maka akan berlanjut ke daerah-daerah lain,” jelas dia. (RO/OL-15)

 

Baca Juga

Dok. Pribadi

Tanah Papua Mozaik Indonesia yang Perlu Dirawat

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 12 April 2021, 23:18 WIB
Dia menjelaskan, Indonesia merupakan mozaik yang sangat beragam dari orang-orangnya serta etinisnya. Kekayaan ini tentu harus dikelola...
Ilustrasi/Ist

Waspada Gejala Long Covid-19 Bagi Penderita Penyakit Kronis

👤Eni Kartinah 🕔Senin 12 April 2021, 20:53 WIB
Gejala Long Covid adalah pasien yang sudah pernah terinfeksi virus Covid-19 masih mengeluhkan gejala setelah dinyatakan sembuh....
Antara/Zabur Karuru.

KKP-Unair Usut Penyebab Kematian 51 Paus di Pantai Modung

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 12 April 2021, 20:50 WIB
Dari hasil identifikasi, paus pilot yang mati sebanyak 51 ekor dan satu lagi berhasil dilepasliarkan kembali di tengah laut pada 19...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya