Kamis 18 Maret 2021, 18:30 WIB

Kini 19 Stasiun KRL Hanya Terima Kartu Uang Elektronik dan KMT

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Kini 19 Stasiun KRL Hanya Terima Kartu Uang Elektronik dan KMT

Antara
PT KCI akan menghapus tiket harian berjaminan (THB) di 19 stasiun mulai 25 Maret 2021.

 

PT KAI Commuter sebelumnya telah memberlakukan sembilan stasiun khusus uang elektronik melalui kartu multi trip (KMT) atau kartu uang elektronik Bank. Yakni, Stasiun Pondok Cina, Sudirman, Bogor, Cilebut, Cikarang, Rangkasbitung, Palmerah, dan Stasiun Tamankota.

Salah satu dampak positifnya yaitu berkurangnya antrean di loket penjualanan tiket, karena harus mengantre untuk membeli tiket setiap akan naik KRL. Hal ini juga mengubah kebiasaan para pengguna KRL yang selalu antre di loket untuk membeli tiket saat akan naik KRL.

"Dengan transaksi pembayaran tiket menggunakan uang elektronik ini, para pengguna KRL hanya perlu mengantre jika ada penyekatan untuk naik KRL bila situasi stasiun sudah ramai. Penyekatan ini dilakukan untuk menjaga jumlah pengguna di dalam KRL agar tidak melebihi 74 orang tiap kereta serta upaya dalam memaksimalkan jaga jarak aman di dalam KRL," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan resminya, Kamis (18/3).

Dengan menggunakan pilihan transaksi non tunai tersebut setidaknya para pengguna tidak perlu antre di loket setiap akan naik KRL untuk membeli atau mengisi ulang Tiket Harian Berjaminan (THB) maupun antre melakukan refund uang jaminan setelah menggunakan KRL.

KAI Commuter mencatat rata-rata volume pengguna KRL per harinya pada bulan Januari 2021 di sejumlah stasiun, seperti Stasiun Jakarta Kota, Bekasi, Kranji, Bojonggede, Citayam, Depok, Depok Baru, Parung Panjang, Tanah Abang, serta Stasiun Angke sejumlah 95.901 orang.

"Sedangkan rata-rata volume pengguna KRL per harinya di sepuluh stasiun tersebut pada Februari 2021 naik sejumlah 8% dengan jumlah sebanyak 103.653 orang," imbuh Anne.

Dengan meningkatnya volume pengguna KRL dan tingginya prosentase penggunaan uang elektronikdi stasiun-stasiun tersebut yaitu sebanyak 77,1% dari seluruh transaksi pembayaran tiket KRL, KAI Commuter akan memberlakukan 10 stasiun tersebut, yaitu Stasiun Jakarta Kota, Bekasi, Kranji, Bojonggede, Citayam, Depok, Depok Baru, Parung Panjang, Tanah Abang, serta Stasiun Angke menjadi Stasiun Khusus Uang Elektronik yang hanya melayani transaksi pembayaran tiket perjalanan KRL melalui Kartu Multi Trip (KMT) atau Kartu Uang Elektronik Bank mulai Kamis, 25 Maret 2021 mendatang.

Pemberlakuan Stasiun Khusus Uang Elektronik ini, juga bisa meningkatkan pelayanan kepada para pengguna KRL dan mengurangi antrean di stasiun. Para pengguna tidak perlu antre di loket setiap akan naik KRL untuk membeli atau mengisi ulang THB maupun antre melakukan refund uang jaminan setelah menggunakan KRL. Dengan demikian, dua proses antrean tersebut dapat dimininalisir.

Para penggunaan KMT juga memiliki kelebihan lainnya dalam transaksi pembayaran tiket KRL, seperti kemudahan memperoleh KMT di seluruh stasiun dengan harga Rp 30.000, sudah termasuk saldo Rp 10.000, serta pengguna KMT juga bisa melakukan cek saldo dengan menggunakan aplikasi KRL Access.

Mulai 25 Maret 2021, di 10 Stasiun Khusus Uang Elektronik tersebut sudah tidak melayani penjualanan Tiket Harian Berjaminan (THB). Bagi pengguna Tiket Harian Berjaminan Pergi-Pulang (THB PP) tetap dapat keluar (tap out) di sepuluh stasiun ini dan kemudian naik KRL kembali (tap in) di stasiun tersebut, asalkan sesuai dengan relasi stasiun pergi-pulangnya.

Bagi pengguna THB sekali perjalanan hanya dapat keluar (tap out), tetapi tidak bisa melakukan refund THB di stasiun-stasiun tersebut. KAI Commuter berharap para pengguna dapat menyesuaikan kebijakan baru ini.

Sebelum resmi diberlakukan, KAI Commuter akan terus melakukan sosialisasi secara konsisten baik melalui petugas di lapangan maupun melalui media sosial @commuterline. (OL-13)  

Baca Juga

Antara

Anies: Vaksinasi Covid-19 Jakarta Capai Target Lebih Cepat dari Rencana Presiden

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 18:00 WIB
"Alhamdulillah, artinya kita lebih cepat 1 bulan dari target jadwal yang sudah ditetapkan presiden," kata...
ANTARA FOTO/Fauzan

Kapolda Metro Jaya Imbau Warga Jalani Vaksinasi

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 16:49 WIB
Fadil menyebut program tersebut dilaksanakan untuk mencapai target 100% warga DKI Jakarta telah divaksinasi pada 17 Agustus...
ANTARA

PPKM Level 4 Diperpanjang hingga 9 Agustus

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 16:25 WIB
Langkah tersebut diambil lantaran kasus covid-19 di Tanah Air masih tinggi dengan menembus 3,4 juta kasus. Ancaman penularan kasus ini pun...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya