Kamis 04 Maret 2021, 14:47 WIB

Selamat, Jakarta Urutan 17 Kota Tersehat di Dunia Versi YouGov

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Selamat, Jakarta Urutan 17 Kota Tersehat di Dunia Versi YouGov

MI/Andri Widiyanto
Pengendara sepeda melintasi jalur khusus di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta.

 

DKI Jakarta berada di urutan ke-17 kota tersehat dunia versi survei institusi asal Inggris, YouGov. Adapun posisi pertama ditempati Amsterdam, kota di Belanda.

Peringkat Jakarta bahkan berada di atas Seoul, Korea Selatan, hingga Jenewa, Swiss. Wakil Gubernur DKI Jakarta mengapresiasi hasil survei tersebut. 

Menurutnya, hasil survei ini merupakan bentuk penghargaan dan pengakuan dari lembaga internasional terhadap kinerja Pemprov DKI dalam meningkatkan kesehatan warga.

"Ya kami tentu mengapresiasi berbagai bentuk penghargaan dari dalam, dari luar negeri, dari institusi pemerintahan, maupun nonpemerintahan. Berarti ada perhatian dan kepedulian dari masyarakat," ujar Ariza, sapaan akrabnya, Kamis (4/3).

Baca juga: Jakarta Nihil Zona Merah, Epidemiolog Pertanyakan Penilaian Zonasi

Dia pun menilai pandangan masyarakat dunia terhadap Jakarta mulai berubah. Sebelumnya, Jakarta juga mendapatkan penghargaan Sustainability Transportation Awards (STA). Jakarta menjadi kota di Asia Tenggara pertama yang mendapatkan penghargaan dalam penataan transportasi.

"Ada kepedulian masyarakat dunia terhadap Jakarta terkait transportasi. Sekarang terkait udara yang bersih sehat. Tentu kita mengapresiasi. Semua ini berkat kerja baik dari semuanya jajaran, dan tentu dari masyarakat banyak," pungkas Ariza.

Baca juga: DKI Pasang Separator untuk Jalur Sepeda di Sudirman-Thamrin

Lembaga asal Inggris YouGov menyatakan Jakarta berada di peringkat ke-17 kota tersehat di dunia. Pengukuran itu melibatkan 10 metrik kehidupan sehat, termasuk tingkat obesitas dan tingkat polusi. 

Masing-masing metrik diberi skor lalu digabungkan untuk mendapatkan skor total 100. Skor ini digunakan untuk menentukan peringkat 44 kota, mana yang terbaik untuk hidup sehat.

Dari situ didapatkan hasil bahwa Amsterdam merupakan kota tersehat di dunia. Ibu kota Belanda ini dikenal sebagai kota ramah pesepeda. Di sana, Warga lebih memilih bepergian dengan sepeda, jalan kaki atau menggunakan transportasi umum.(OL-11)
 

 

 

 

Baca Juga

Mi/Supardji Rasban

Masyarakat Boleh Lewati Penyekatan Khusus Daerah Penyangga

👤 Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 14 April 2021, 13:02 WIB
Korlantas Polri menyebutkan masyarakat masih dapat melakukan pergerakan antar kota di sekitar lokasi penyekatan arus mudik Idul Fitri 2021...
Dok MI

Densus 88 Kantongi Catatan Lengkap Teroris Jakarta

👤Siti Yona Hukmana 🕔Rabu 14 April 2021, 12:00 WIB
Beberapa di antaranya merupakan anggota organisasi masyarakat (ormas) terlarang Front Pembela...
MI/M IRFAN

Uji Coba Tahap 2 Selesai, Flyover Tapal Kuda Dibuka Permanen

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 14 April 2021, 11:54 WIB
Uji coba tahap kedua sudah dilakukan pada 1-6 April lalu. Sementara untuk uji coba tahap pertama dilakukan pada 31 Januari dan 1-2 Februari...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya