Senin 15 Februari 2021, 14:07 WIB

Survei Membuktikan Mayoritas Warga Jakarta Puas atas Kinerja Anies

Hilda Julaika | Megapolitan
Survei Membuktikan Mayoritas Warga Jakarta Puas atas Kinerja Anies

Antara
Gubernur DKI Anies Baswedan

 

WARGA DKI Jakarta menilai puas dengan kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat ini. Publik bahkan menginginkan agar Anies maju kembali sebagai calon gubernur di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI selanjutnya.

Hal ini berdasarkan hasil survei dan temuan Media Survei Nasional (Median). Survei ini disampaikan dalam rilis bertajuk “Persaingan Ketat Kursi Gubernur DKI” pada Senin (15/2).

Direktur Riset Median Ade Irfan Abdurahman memaparkan sebanyak 52,5% responden menyatakan puas dengan kinerja Anies Baswedan saat ini yang memimpin Provinsi DKI ini. Sementara itu, sebanyak 32,5% mengungkapkan tidak puas dan 2,5% sangat tidak puas dengan kinerja Anies. Adapun koresponden yang menjawab tidak tahu/tidak jawab sebanyak 15%.

“Evaluasi kinerja pemerintahan DKI, kami tanyakan seberapa puas kinerja Anies saat ini. Orang yang puas 52,5%, total tidak puas ada 32,5% tidak tau/tidak menjawab 15,0%. Untuk itu, kita bisa melihat melalui elektabilitas Anies sebesar 45% kemudian kita badingkan dengan tingkat kepuasan 52,5%,” papar Ade, Senin (15/2).

Baca juga: Jumlah Warga Miskin di Ibu Kota Meningkat

Adapun faktor keberhasilan kinerja Anies sebesar 41,0%. Dapat dilihat dari 5 besar indikator di antaranya, program bantuan sosial covid-19 sebesar 7,8%, pembangunan infrastruktur meningkat 6,0%, transportasi umum rapih 3,8%, penataan kota Jakarta 3,5%, dan pendidikan gratis 2,5%.

Kemudian, untuk kekurangan kinerja mencapai 41,5%. 5 besar indikator kekurangan ini terdiri dari ekonomi dan pengangguran 8,0%, penanganan covid-19 5,8%, banjir 5,3%, BLT/Bansos yang kurang merata penyalurannya 5,0%, dan kurang tegas 2,5%.

Dari hasil survei ini pun memperlihatkan, sebanyak 48% responden menginginkan Anies maju kembali sebagai gubernur di Pilgub DKI selanjutnya. Adapun koresponden yang menginginkan gubernur DKI Jakarta diganti dengan tokoh lain sebanyak 38%.

Sebagai informasi, survei ini dilaksanakan pada 31 Januari hingga 3 Februari 2021 ini. Menggunakan metode face to face interview yang tetap memperhatikan protokol kesehatan. Hasil survey ini menunjukkan dinamika politik yang terjadi selama masa pengambilan data. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Kali Pesanggrahan Meluap, Enam RT di Jaksel Banjir

👤Selamat Saragih 🕔Senin 17 Mei 2021, 19:30 WIB
Adapun permukiman yang terendam air merupakan dataran rendah yang dekat dengan bantaran Kali...
ANTARA/Aprillio Akbar

BKD DKI Sebut tak ada ASN DKI Langgar Peraturan Mudik

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 17 Mei 2021, 19:22 WIB
Sejauh ini menurutnya, para ASN mematuhi edaran yang diterbitkan untuk tidak melakukan mudik guna mencegah penularan virus...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Rizieq Shihab Dituntut 10 Bulan Penjara

👤Antara 🕔Senin 17 Mei 2021, 19:05 WIB
Hal yang memberatkan terdakwa Rizieq Shihab seperti tidak mendukung program pemerintah dalam percepatan pencegahan COVID-19 bahkan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya