Jumat 22 Januari 2021, 11:55 WIB

PPKM DKI belum Mampu Turunkan Kasus Covid-19

Hilda Julaika | Megapolitan
PPKM DKI belum Mampu Turunkan Kasus Covid-19

medcom.id
Ilustrasi covid-19

 

ANGGOTA DPRD DKI Gilbert Simanjuntak menilai pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di DKI Jakarta belum mampu berkontribusi pada penurunan kasus covid-19. Padahal PPKM dilaksanakan sudah hampir dua pekan.

Data menyebutkan jumlah kasus aktif di Jakarta naik sebanyak 532 kasus per Kamis (22/1). Sehingga jumlah kasus aktif sampai hari ini sebanyak 21.756 (orang yang masih dirawat/ isolasi).

“Walau sudah berlangsung hampir 2 pekan, ternyata masih belum mampu menurunkan angka covid-19, malah sebaliknya tetap naik,” kata Gilbert kepada Media Indonesia, Jumat (22/1).

Menurutnya hal ini bisa terjadi karena ada kesalahan yang terjadi kembali. Tepatnya pengawasan aturan dan protokol kesehatan yang kurang. Sehingga kegagalan PSBB sebelumnya terulang kembali disebabkan pengawasan yang tidak ketat. Hal ini ikut didukung dengan lemahnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Seperti halnya PSBB yang gagal karena pengawasan yang kurang, dalam pelaksanaan PPKM ini juga terlihat pengawasan kurang dan masyarakat abai,” jelasnya.

Baca juga: Ada Pelonggaran PPKM, Anies Diminta Koordinasi dengan Bodetabek

Gilbert melihat kemungkinan masyarakat sudah jenuh dengan protokol kurang diperhitungkan Pemprov DKI. Sehingga hal ini membutuhkan ketegasan dan pengawasan ketat yang konsisten. Ia menilai tenaga Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kurang di lapangan baik pelibatannya maupun jumlahnya seharusnya diantisipasi dan diatasi.

“Masih ada tenaga Jumantik, Ibu-ibu Dasawisma, Karang Taruna dan Tenaga lain yang bisa diberdayakan sebagai tenaga pengawas di lapangan,” pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

Dok Pemprov DKI

Wagub DKI Resmikan Pembangunan Eduwisata Halim Perdanakusuma

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 22:40 WIB
Pemprov DKI Jakarta, sambungnya, akan terus menambah jumlah Agro Eduwisata di Ibu Kota, dengan manfaatkan fasilitas sosial dan fasilitas...
Antara

Anies: 578 Kilometer Jalur Sepeda di Jakarta Selesai 2030

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 21:13 WIB
Dia berharap pembangunan jalur sepeda itu akan makin meningkatkan minat dan kenyamanan warga Jakarta dalam...
Antara

Langgar PPKM, Pol PP Segel Dua Karoke di Jakbar

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 19:05 WIB
Petugas juga menyita sebanyak 99 botol miniman keras (miras) hasil razia gabungan terhadap dua tempat hiburan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya