Selasa 01 Desember 2020, 11:41 WIB

Pemakaman Covid-19 di TPU Pondok Ranggon Penuh

Kisar Rajaguguk | Megapolitan
Pemakaman Covid-19 di TPU Pondok Ranggon Penuh

ANTARA/Muhammad Adimaja
Petugas pemakaman menguburkan jenazah di lokasi pemakaman covid-19 TPU Pondok Ranggon, Jakarta.

 

TAMAN Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta Timur tidak lagi melayani pemakaman covid-19 karena persediaan lahan habis.

"Terhitung mulai hari ini, Selasa (1/12), penguburan jenazah covid-19 di TPU Pondok Ranggon resmi ditutup. Hal itu karena persediaan lahan covid-19 sudah terisi jenazah," tegas Kepala Satuan Pelaksana TPU Pondok Ranggon Marton Sinaga, Selasa (1/12).

Marton menegaskan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hanya menyiapkan 9.999 meter persegi lahan bagi pemakaman jenazah pasien covid-19, lahan tersebut hanya cukup menampung 4.329 jenazah.

Baca juga: Anies Baswedan Positif Covid-19

Jenazah sebanyak 4.329 itu tersebar di 16 blad atau petak di blok AA-1, yang lokasinya berada di pinggiran kali yang berbatasan dengan wilayah Kota Bekasi dan wilayah Kota Depok.

Jenazah-jenazah sebanyak itu adalah yang meninggal sejak kasus covid-19 merebak pada 2 Maret lalu.

Sebelum ditutup, terang dia, TPU Pondok Ranggon masih melayani pemakaman covid-19. Pemakaman terakhir jenazah covid-19 di Pondok Ranggon adalah pada Senin (30/11). Total jenazah yang dimakamkan sebanyak 18 jenazah.

Ia menjelaskan, masalah lahan habis tersebut sudah dilaporkan kepada Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta Suzi Marsitawati dan kepada Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur Cristian Tamora Hutagalung.

Untuk tindak lanjut, sambung Marton, pemakaman jenazah baru covid-19 dipindahkan ke TPU Tegalalur, Jakarta Barat.

"Terhitung mulai Selasa (1/12), pemakaman jenazah covid-19 pindah dari TPU Pondok Ranggon ke TPU Tegalalur. Ke depannya, TPU Pondok Ranggon hanya fokus melayani pemakaman jenazah reguler yang meninggal rata-rata 10-20 orang per hari," ucapnya.

Dari hasil pantauan di lapangan, Selasa (1/12), tebing-tebing makam covid-19 yang longsor bulan lalu karena hujan deras terlihat sudah diturap dengan beton. Begitu pun areal petak makam juga sudah dibangun jalan setapak, termasuk petunjuk jalan area sehingga ahli waris tidak kesulitan lagi jika hendak ziarah kuburan. (OL-1)

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Politisi PDIP: Pelaksanaan PPKM Tidak Efektif Tekan Laju Covid

👤┬áPutri Anisa Yuliani 🕔Selasa 19 Januari 2021, 18:00 WIB
POLITISI PDI P Gilbert Simanjuntak menilai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tidak efektif tekan laju...
Medcom.id

Pasien Mesum Sesama Jenis di RS Wisma Atlet Terancam 6 Tahun Bui

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 19 Januari 2021, 17:54 WIB
Dari hasil penyidikan dan gelar perkara hanya pasien yang ditetapkan sebagai tersangka, karena menyebarkan percakapan mesum itu di media...
MI/Gabriel Langga

Polisi Buru Empat Perampok Alfamart Serua Indah

👤Sumantri 🕔Selasa 19 Januari 2021, 17:35 WIB
Dalam menjalankan aksinya pada Minggu (17/1) malam itu, kawanan perampok yang mengenakan topi dan masker sempat terekam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya