Rabu 28 Oktober 2020, 15:35 WIB

Hari Sumpah Pemuda, Kapolri Ajak Bersatu Melawan Covid-19

Siti Yona Hukmana | Megapolitan
Hari Sumpah Pemuda, Kapolri Ajak Bersatu Melawan Covid-19

MI/Rudi Kurniawansyah
Kapolri Jenderal Idham Azis

 

KAPOLRI Jenderal Idham Azis mengajak semua elemen bangsa bersama-sama memerangi pandemi covid-19. Hari Sumpah Pemuda diharapkan dapat membangkitkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

"Mari bergandeng tangan bersatu dan bangkit bersama membantu Indonesia keluar dari lubang jarum pandemi covid-19," kata Idham memaknai Hari Sumpah Pemuda dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/10).

Idham berharap pemuda Indonesia dapat ikut menyosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat luas. Salah satunya 3M, yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

"Mencapai tujuan bebas dari virus covid-19 dibutuhkan kesadaran seluruh komponen masyarakat," ujar mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Baca juga ; Libur Panjang, Anies Wanti-wanti Munculnya Klaster Keluarga

Indonesia setiap tahun memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober. Pemerintah mengusung tema Hari Sumpah Pemuda 2020 dengan 'Bersatu dan Bangkit'.

Tema yang diusung itu tercermin dari logo Sumpah Pemuda. Dalam website Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), logo Hari Sumpah Pemuda berbentuk angka 92 yang menunjukkan peringatan ke-92.

Angka 92 itu dihiasi sejumlah warna. Perpaduan warna yang beragam itu mengandung makna keberagaman Indonesia dari segi agama, suku, ras dan bahasa.

Pada angka sembilan terdapat perpaduan warna biru dan hijau. Warna biru melambangkan lautan dan warna hijau melambangkan hutan atau pertanian. Sumber alam energi itu adalah salah satu kekayaan Indonesia.

Selain itu, angka 92 juga membentuk dua insan yang saling terhubung. Hal ini menggambarkan semangat persatuan pemuda Indonesia yang aktif mengisi kemerdekaan Republik Indonesia pada Hari Sumpah Pemuda ke-92. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA/Jessica Helena Wuysang

Polisi Tangkap Penipu dan Pemalsu Sertifikat Tanah Rp6 Miliar

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 03 Desember 2020, 21:15 WIB
Direktur Reserse Kriminal Umum Kombes Tubagus Hidayat menjelaskan modus operandi para pelaku yakni membujuk korban untuk meminjamkan...
Ist

Relief Bandara, Komitmen PPK Kemayoran Rawat Jejak Sejarah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 03 Desember 2020, 20:10 WIB
Di era modern, arsitektur dan dekorasi sebuah ruang tunggu bandara banyak dihias dengan lukisan maupun gambar yang memperlihatkan keindahan...
MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Usulan Kenaikan Anggaran Gaji DPRD DKI Lukai Hati Publik

👤Sri Utami 🕔Kamis 03 Desember 2020, 19:32 WIB
Rencana tersebut mencerminkan minimnya kepedulian wakil rakyat terhadap situasi dan kondisi ekonomi masyarakat yang serba sulit di tengah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya