Sabtu 15 Agustus 2020, 20:19 WIB

Pintu Akses Tunggal Stasiun Tanah Abang kini Berlaku Setiap Hari

Tri Subarkah | Megapolitan
 Pintu Akses Tunggal Stasiun Tanah Abang kini Berlaku Setiap Hari

MI/ANDRI WIDIYANTO
Antrean warga yang akan menaiki KRL di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Selasa (11/8) sore.

 

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mulai memberlakukan Pintu Utara Stasiun Tanah Abang sebagai akses tunggal setiap hari. Hal itu dilakukan setelah uji coba yang dilakukan sejak 11 Agustus lalu rampung.

Pemberlakuan akses tunggal tersebut dilakukan terhitung sejak hari ini, Sabtu (15/8). Menurut Vice President Coroporate Communications PT KCI Anne Purba, sejak 11 Agustus lalu antrean pengguna dengan akses tunggal melalui Pintu Utara berjalan tertib.

Dari satu pintu saja, kata Anne, dapat membuat pengaturan jaga jarak pengguna di stasiun berjalan maksimal. Pengaturan kapasitas maksimal yakni sejumlah 74 orang dalam kereta.

"Untuk memaksimalkan upaya jaga jarak ini, PT KCI juga memberlakukan pintu akses tunggal ini mulai pukul 14.00 pada hari Sabtu, Minggu, dan libur," kata Anne dalam keterangannya, Sabtu (15/8).

Baca juga: Pengaturan Akses Tunggal Stasiun Tanah Abang Berlangsung Kondusif

Selain akses tunggal tersebut, pengguna yang hendak transit di Stasiun Tanah Abang diarahkan menggunakan hall sisi selatan stasiun. Sementara pengguna yang hendak keluar stasiun seluruhnya diarahkan menuju Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) ke hall sisi utara stasiun.

"Selama berjalan lima hari terakhir ini, pengguna telah dapat menyesuaikan diri dengan pengaturan alur pergerakan pengguna yang baru ini, baik mereka yang berangkat dari Tanah Abang maupun yang transit atau berganti kereta," tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Anne kembali mengingatkan penumpang berusia di atas 60 tahun hanya dapat mengakses KRL di luar jam sibuk, yakni antara pukul 10.00-14.00 WIB. Aturan tambahan itu berlaku selama pandemi covid-19.

Selain penumpang berusia di atas 60 tahun, aturan tersebut juga berlaku bagi penumpang yang membawa barang dengan ukuran yang dapat mengganggu penerapan jarak aman di dalam KRL. (A-2)

Baca Juga

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Polisi Rekayasa Lalin di Istana Presiden untuk HUT RI

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 23:08 WIB
Ditlantas Polda Metro Jaya telah menyiapkan 500 personel untuk menjaga kelancaran lalu lintas di lokasi upacara maupun kawasan lain yang...
MI/Ramdani

Anies Luncurkan Jakhabitat dan Aplikasi Sirukim

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 22:55 WIB
Jakhabitat merupakan integrasi sejumlah program Pemprov DKI Jakarta yang berfokus pada penyediaan hunian yang layak bagi...
MGN

Pengacara Brigadir J Ragu Putri Chandrawathi Alami Masalah Psikologis

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 22:42 WIB
"Dia menyuap atau diduga menyuap anak buahnya waras. Kenapa setelah saya lapor ke polisi, jadi gangguan jiwa,"...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya