Sabtu 15 Agustus 2020, 20:19 WIB

Pintu Akses Tunggal Stasiun Tanah Abang kini Berlaku Setiap Hari

Tri Subarkah | Megapolitan
 Pintu Akses Tunggal Stasiun Tanah Abang kini Berlaku Setiap Hari

MI/ANDRI WIDIYANTO
Antrean warga yang akan menaiki KRL di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Selasa (11/8) sore.

 

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mulai memberlakukan Pintu Utara Stasiun Tanah Abang sebagai akses tunggal setiap hari. Hal itu dilakukan setelah uji coba yang dilakukan sejak 11 Agustus lalu rampung.

Pemberlakuan akses tunggal tersebut dilakukan terhitung sejak hari ini, Sabtu (15/8). Menurut Vice President Coroporate Communications PT KCI Anne Purba, sejak 11 Agustus lalu antrean pengguna dengan akses tunggal melalui Pintu Utara berjalan tertib.

Dari satu pintu saja, kata Anne, dapat membuat pengaturan jaga jarak pengguna di stasiun berjalan maksimal. Pengaturan kapasitas maksimal yakni sejumlah 74 orang dalam kereta.

"Untuk memaksimalkan upaya jaga jarak ini, PT KCI juga memberlakukan pintu akses tunggal ini mulai pukul 14.00 pada hari Sabtu, Minggu, dan libur," kata Anne dalam keterangannya, Sabtu (15/8).

Baca juga: Pengaturan Akses Tunggal Stasiun Tanah Abang Berlangsung Kondusif

Selain akses tunggal tersebut, pengguna yang hendak transit di Stasiun Tanah Abang diarahkan menggunakan hall sisi selatan stasiun. Sementara pengguna yang hendak keluar stasiun seluruhnya diarahkan menuju Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) ke hall sisi utara stasiun.

"Selama berjalan lima hari terakhir ini, pengguna telah dapat menyesuaikan diri dengan pengaturan alur pergerakan pengguna yang baru ini, baik mereka yang berangkat dari Tanah Abang maupun yang transit atau berganti kereta," tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Anne kembali mengingatkan penumpang berusia di atas 60 tahun hanya dapat mengakses KRL di luar jam sibuk, yakni antara pukul 10.00-14.00 WIB. Aturan tambahan itu berlaku selama pandemi covid-19.

Selain penumpang berusia di atas 60 tahun, aturan tersebut juga berlaku bagi penumpang yang membawa barang dengan ukuran yang dapat mengganggu penerapan jarak aman di dalam KRL. (A-2)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Jelang Idul Fitri, Polres Tanjung Priok Bantu Renovasi Masjid    

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 09 Mei 2021, 23:14 WIB
Renovasi dan pemberian bantuan tersebut diberikan kepada Pondok Pesantren Nurul Bahri dan Masjid Nurul Jihad Muara Angke, Jakarta...
Antara

Uji Coba Tahap 2 Flyover Cakung Digelar 11-18 Mei

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 09 Mei 2021, 22:04 WIB
coba berlaku mulai pukul 06.00 hingga 24.00 WIB. Bersamaan dengan itu juga dilakukan sistem satu arah di kawasan...
MI/ Andri Widiyanto

Warga Jabodetabek Tidak Perlu SIKM Keluar Masuk Jakarta

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 09 Mei 2021, 21:24 WIB
Hal itu guna merespons banyaknya warga yang mengajukan permohonan SIKM untuk perjalanan di kawasan aglomerasi daerah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Berharap tidak Ada Guncangan Baru

LAPORAN Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2021 tumbuh di angka -0,74% (year on year/yoy).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya