Rabu 12 Agustus 2020, 07:38 WIB

Pengaturan Akses Tunggal Stasiun Tanah Abang Berlangsung Kondusif

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pengaturan Akses Tunggal Stasiun Tanah Abang Berlangsung Kondusif

MI/ANDRI WIDIYANTO
Antrian penumpang KRL di Stasiun Tanah Abang Jakarta Pusat sejak diberlakukan akses satu pintu mulai Senin (10/8/2020).

 

HARI pertama pemberlakuan pintu akses tunggal di Stasiun Tanah Abang pada Selasa (11/8) berlangsung kondusif. Antrean calon pengguna menuju pintu utara Stasiun Tanah Abang hari ini memang lebih panjang dibanding sebelumnya karena akses yang disatukan melalui pintu utara. Namun pergerakan antrean dapat berlangsung lebih lancar.

Menurut VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba jumlah pengguna KRL di stasiun Tanah Abang pada Selasa (11/8) terpantau sedikit berkurang dibanding Senin (10/8).

"Hingga Selasa (11/8) pukul 19.00 WIB jumlah pengguna di Stasiun Tanah Abang tercatat 19.700 pengguna, atau turun 7% dibanding Senin (10/8) lalu pada waktu yang sama yaitu 21.145 pengguna," kata Anne dalam keterangan resminya, Selasa (11/8).

Sejak pukul 15.05 WIB para pengguna KRL telah mengantre hingga ke area integrasi antarmoda di luar gate sisi utara Stasiun Tanah Abang. Pengguna dapat mengikuti antrean dengan tertib melalui sejumlah penyekatan dari area integrasi antarmoda, sebelum masuk gate elektronik stasiun, sebelum naik eskalator, hingga di Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Stasiun Tanah Abang.

Pengguna juga dibagi dalam antrean untuk ke peron 2- 3 tujuan Stasiun Duri, Angke, Sudirman, Manggarai, Depok, Bogor; serta antrean untuk ke peron 5-6 tujuan Palmerah, Serpong, Parungpanjang, dan Rangkasbitung.

"Untuk mengatur penyekatan pengguna dengan pintu akses tunggal ini, KCI mengerahkan 150 petugas termasuk dari TNI, Polri, serta petugas PT KCI yang terdiri dari frontliner maupun jajaran manajemen. Meski termasuk kondusif, PT KCI akan melakukan evaluasi rutin untuk tetap dapat meningkatkan kelancaran antrean dan memaksimalkan penerapan protokol kesehatan," papar Anne.

Dari hasil pelaksanaan akses tunggal Stasiun Tanah Abang hari pertama ini, PT KCI hendak mengingatkan kembali pengaturan alur pergerakan penumpang di Stasiun Tanah Abang yang berlaku setiap sore. Untuk pengguna yang hendak transit, seluruhnya diarahkan menggunakan hall sisi selatan stasiun. Sementara Pengguna yang hendak keluar stasiun seluruhnya diarahkan melalui JPO ke hall sisi utara stasiun. Harap para pengguna sejak turun dari kereta menyesuaikan dengan pengaturan alur pergerakan ini.

baca juga: Angka Penumpang Angkutan Meningkat 6,25%

PT KCI juga kembali mengingatkan aturan tambahan yang berlaku selama masa pandemi Covid-19 yaitu bagi orang lanjut usia atau berusia 60 tahun ke atas, hanya dapat menggunakan KRL di luar jam sibuk yaitu pukul 10.00 hingga 14.00 WIB. Para pengguna yang membawa barang sesuai ketentuan namun ukurannya dapat mengganggu penerapan jaga jarak aman di KRL juga hanya dapat naik di luar jam sibuk. Aturan ini penting untuk selalu diikuti demi kesehatan bersama. (OL-3)
 

Baca Juga

Antara/Galih Pradipta

Musim Hujan Waspadai Lahirnya Klaster Pengungsian

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 24 September 2020, 22:53 WIB
"Semua penyakit ini dapat menurunkan imunitas sehingga masyarakat menjadi rentan tertular...
  Instagram@wayeka_dharmawan

Milenial Berpotensi Pimpin Golkar Kota Bekasi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 September 2020, 21:55 WIB
MUSYAWARAH daerah ke V (Musda V) DPD Partai Golkar Kota Bekasi yang tertunda karena masalah internal, harus diambil hikmahnya. Sebab, musda...
Ist

Ribuan Yatim dan Duafa Dapat Voucher Belanja ke Warung Tetangga

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 September 2020, 21:43 WIB
Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta, K.H. Luthfi Fatullah mengemukakan bahwa santunan dan bantuan yang diberikan oleh Baznas Bazis DKI Jakarta...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya