Jumat 12 Juni 2020, 07:10 WIB

Hari Ini, KAI Mulai Operasikan KA Jarak Jauh Tujuan Purwokerto

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Hari Ini, KAI Mulai Operasikan KA Jarak Jauh Tujuan Purwokerto

Antara/Siswowidodo
Kereta api jarak jauh

 

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta kembali mengoperasikan kereta api (KA) Jarak Jauh untuk melayani masyarakat yang ingin bepergian keluar kota menggunakan kereta api mulai hari ini.

KA Jarak Jauh Reguler di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta yang kembali beroperasi adalah KA Serayu relasi Pasar Senen–Purwokerto. Keberangkatannya dari Stasiun Pasar Senen pukul 9.15 WIB.

Perjalanan kembali KA reguler ini mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 No. 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 dan Surat Edaran Ditjen KA Kemenhub No. 14 Tahun 2020 tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.

Baca juga: KAI Hanya Layani Penjualan Tiket Secara Daring

"Pengoperasian kembali KA Reguler ini tentunya akan tetap diikuti dengan protokol pencegahan penyebaran covid-19 yang diterapkan pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru," kata Kahumas KAI Daop 1 Eva Chairunnisa dalam keterangan resminya, Jumat (12/6).

Masa Adaptasi Kebiasaan Baru di tengah pandemi covid-19 akan diterapkan di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk pada layanan jasa transportasi. PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai perusahaan jasa transportasi KA juga sudah menyiapkan pedoman Masa Adaptasi Kebiasaan Baru dalam pelayanan kepada pelanggan baik pada bisnis angkutan penumpang dan barang.

Persiapan itu mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan No HK.01.07/Menkes/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Melalui pedoman tersebut, PT KAI Daop 1 Jakarta telah menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung dan penerapan prosedur tetap Masa Adaptasi Kebiasaan Baru baik untuk di Stasiun dan KA Jarak Jauh serta Lokal saat kembali beroperasi.

"Hingga kini sebagai upaya pencegahan covid-19, dari sisi fasilitas Stasiun Daop 1 Jakarta telah menambah perangkat pencuci tangan dan mengadakan ketersediaan cairan antiseptik di stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh Daop 1 Jakarta," jelas Eva.

Seluruh area pelayanan dan ruang tunggu juga telah dilengkapi sejumlah petunjuk untuk penjagaan jarak fisik antarpenumpang. Sementara untuk di atas KA kelengkapan cairan antiseptik di berbagai titik dan ruang isolasi sementara juga telah disiapkan.

Untuk memastikan kebersihan di stasiun dan di atas KA selama perjalanan, petugas rutin membersihkan objek-objek yang sering dipegang tangan setiap 30 menit sekali secara bergantian menggunakan pembersih yang mengandung disinfektan.

Pada penerapan masa adaptasi kebiasaan baru, dari sisi aturan terdapat sejumlah ketentuan baru yang harus diikuti pengguna jasa selain kewajiban penggunaan masker.

Saat berada di Stasiun KA Jarak Jauh calon pengguna akan diwajibkan menggunakan face shield setelah melakukan proses pengecekan tiket (boarding) dan pengukuran suhu tubuh sesuai ketentuan, yakni maksimal 37,3 derajat Celcius.

"Adapun face shield akan diberikan secara gratis untuk calon pengguna setelah proses pengecekan tiket. Penggunaan face shield juga diwajibkan selama perjalanan di atas KA," ungkapnya.

Untuk memastikan protokol pencegahan covid-19 berjalan dan penumpang dalam kondisi sehat selama perjalanan di atas KA, petugas secara berkala juga akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh penumpang.

"Jika ada penumpang yang kedapatan bersuhu badan 37,3 derajat Celsius atau lebih dan mengalami gejala covid-19, maka penumpang tersebut akan dipindah ke ruang isolasi yang ada di kereta," tegasnya. (OL-14)

 

Baca Juga

Ist

Tingkatkan Minat Baca dan Literasi, Bale Buku Jakarta Diresmikan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 07 Mei 2021, 22:49 WIB
Bale Buku Jakarta yang diresmikan akan menjadi sarana bagi masyarakat di wilayah setempat  agar lebih mudah mendapatkan akses...
Antara

Pemudik Pakai Ambulans untuk Kelabuhi Petugas

👤Ant 🕔Jumat 07 Mei 2021, 22:06 WIB
Saat dimintai keterangan penumpang tersebut berkilah menumpang ambulans karena alasan keluarga sakit dan...
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

515 Pemohon Ajukan SIKM di Jakarta, Hanya 65 yang Disetujui

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 07 Mei 2021, 20:45 WIB
Dari jumlah tersebut, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, hanya 65 permohonan yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kualitas Kompetisi Harus Ditingkatkan

Regulasi yang dibuat operator dan regulator harus bisa meningkatkan standar liga dan klub

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya