Selasa 07 April 2020, 08:16 WIB

DPRD Optimistis Riza Patria akan Dilantik dalam Dua Pekan

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
DPRD Optimistis Riza Patria akan Dilantik dalam Dua Pekan

ANTARA/Deka Wira S
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Ahmad Riza Patria (kanan) usai pemilihan di DPRD.

 

KETUA DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengungkapkan wakil gubernur terpilih Ahmad Riza Patria bakal segera dilantik.

Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota, baik Kepala Daerah maupun Wakil Kepala Daerah yang terpilih untuk mengisi posisi yang ditinggalkan pemimpin sebelumnya akan dilantik oleh Presiden.

"Hasil paripurna ini akan kita sampaikan ke gubernur untuk diteruskan ke presiden. Kita semua berharap pemerintahan berjalan lebih efektif dengan adanya wakil gubernur," ujar Prasetyo di Jakarta, Senin (6/4).

Baca juga: Riza Siap Satukan Pandangan dengan Anies

Prasetyo berharap terpilihnya wagub yang posisinya sudah kosong hampir dua tahun, bisa membantu kinerja Gubernur Anies Baswedan.

"Kalau gubernur memutuskan sesuatu sendiri, kasihan juga. Ini berat, masalah wabah Covid-19 paling banyak di Jakarta," kata Prasetyo.

Sementara itu, anggota panitia pemilihan (panlih) wakil gubernur DPRD DKI Jakarta S Andyk menyebut pelantikan Riza tidak akan memakan waktu yang lama.

"Insya Allah dalam dua minggu sudah selesai. Kami belum dapat info detailnya soal pelantikan. Pelantikannya di Istana," tutur Andyka kepada Media Indonesia.

Ketua DPP Gerindra Riza Patria berhasil menang telak dalam pemilihan wagub DKI dari pesaingnya politikus PKS Nurmansjah Lubis.

Dari 100 anggota dewan yang diberikan hak memilih, Riza mengantongi 81 suara, sedangkan Nurmansjah hanya 17 suara, dengan 2 suara tidak sah. (OL-1)

Baca Juga

Antara

DPRD: Presiden tidak Intervensi Usulan 3 Nama Calon Pj Gubernur DKI

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 27 September 2022, 18:33 WIB
Sejumlah nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta sudah diserahkan kepada Kemendagri, untuk kemudian diusulkan kepada Presiden Joko...
DOK.MI

Waduh, Aki Mobil Dinas Pemkot Jakpus Dicuri Lagi. Kok Bisa?

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 27 September 2022, 18:27 WIB
Pihaknya akan mengevaluasi kinerja para Pamdal Pemkot Jakpus terkait maraknya pencurian aki mobil...
Antara

Update 22 September 2022: 740 Kasus Covid-19 Terdeteksi di DKI Jakarta Hari Ini

👤MGN 🕔Selasa 27 September 2022, 18:21 WIB
Kasus covid-19 di Indonesia bertambah 1.976 pada hari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya