Rabu 08 Januari 2020, 19:41 WIB

Soal Banjir Jakarta, Ini Perintah Presiden ke Gubenur Anies

Damar Iradat | Megapolitan
Soal Banjir Jakarta, Ini Perintah Presiden ke Gubenur Anies

Antara
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) saat di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/1/2020).

 

PRESIDEN Joko Widodo mengumpulkan sejumlah kepala daerah untuk mengikuti rapat koordinasi yang antara lain membahas banjir di Ibu Kota DKI Jakarta.

Dalam rapat tersebut, Presiden meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mempercepat proyek sodetan Ciliwung menuju Banjir Kanal Timur (BKT).

"Yang berkaitan dengan Jakarta saya minta yang sodetan Ciliwung menuju ke BKT itu juga tahun ini bisa dirampungkan," kata Jokowi saat rapat koordinasi dengan sejumlah kepala daerah di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/1).

Jokowi mengatakan, Anies harus menyelesaikan masalah pembebasan lahan di pinggiran Sungai Ciliwung. Ia juga meminta agar apapun yang dikerjakan Anies segera diselesaikan.

"Dan juga pengerjaan pengerjaan meneruskan kembali, baik normalisasi maupun naturalisasi di sungai-sungai yang ada di Jakarta," tuturnya.

Namun, kata Jokowi, Anies jangan terpaku menangani permasalahan Sungai Ciliwung. Menurutnya, ada belasan sungai yang perlu dibenahi, di antaranya Sungai Pesanggrahan, Sungai Cipinang, Sungai Buaran, Sungai Mookevaart.

Menurut Jokowi, permasalahan banjir Jakarta juga tak bisa dilakukan sendiri. Pasalnya, Jakarta juga dikelilingi wilayah Jawa Barat dan Banten.

"Saya berharap semuanya bisa bekerja sama dengan baik dalam menyelesaikan masalah banjir yang ada di Ibu Kota, tanpa kerja sama itu saya kira penyelesaiannya tidak akan komprehensif dan tidak akan bisa menyelesaikan masalah," pungkasnya.

Dalam rapat koordinasi kali ini, enam kepala daerah turut hadir. Di antaranya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Banten Wahidin Halim, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin, dan Wali Kota Bekasi Rachmat Effendy.

Selain kepala daerah, Jokowi juga memanggil sejumlah menteri. Mereka yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo. (X-15)

Baca juga: Dituding Potong Anggaran Banjir untuk Formula E, Anies: Ngarang

Baca juga: Anies Sebut 22.500 Siswa Terdampak Banjir di Ibu Kota

Baca juga: Memimpin dalam Pencegahan Bencana

Baca Juga

AFP/ADITYA SAPUTRA

Rizieq Dilaporkan Terkait Lahan Megamendung, Polri Tunggu Penyidik

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 24 Januari 2021, 12:41 WIB
Kuasa hukum PTPN VIII, Ikbar, menyatakan dirinya melaporkan 250 orang yang merupakan pihak penguasa lahan di lokasi pesantren tersebut....
ANTARA/HO-Sudin SDA Jaktim.

Waduk di Kantor Bea Cukai, Jakarta Timur, Meluap

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 24 Januari 2021, 12:12 WIB
Genangan itu terjadi pada pukul 09.00 WIB karena saluran dan volume air di waduk Kantor Bea dan Cukai melebihi kapasitas...
MI/Fahrullah

Gerindra Tuding Pemprov DKI tidak Punya Strategi Pendisiplinan 3M

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 24 Januari 2021, 11:49 WIB
Syarif menilai Pemprov DKI perlu rutin melakukan monitoring dan evaluasi harian. Lalu ada proses pengambilan solusi yang konkret dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya