Kamis 12 Desember 2019, 20:13 WIB

Berharga Rp1,4 miliar, BMW ini Tunggak Pajak Belasan Juta

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Berharga Rp1,4 miliar, BMW ini Tunggak Pajak Belasan Juta

MI/Putri Anisa Yuliani
Salah satu kendaraan menunggak pajak hingga Rp24 juta di parkiran Mall Gandaria City ditempeli stiker oleh petugas Samsat Jaksel

 

PETUGAS Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Jakarta Selatan dan Ditlantas Polda Metro Jaya kembali menyisir parkiran sejumlah mal untuk merazia pajak kendaraan bermotor. Lebih dari 10 petugas dikerahkan untuk memeriksa pajak kendaraan bermotor (PKB) di Mall Gandaria City, Jakarta Selatan.

Dalam razia yang dilakukan hari ini, petugas menemukan satu unit mobil mewah BMW X4 yang telat membayar PKB sejak April. Mobil mewah keluaran 2019 ini bernilai jual mencapai Rp1,4 miliar dengan nilai pajak mobil sebesar Rp15 juta per tahun.

Razia pajak kendaraan ini merupakan usaha Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam meningkatkan pemasukan daerah dari sektor pajak.

"Razia pajak mobil mewah terus dilakukan, potensi itu sekitar Rp44 miliar itu kita sudah terealisasi sekitar Rp20 miliar, jadi tinggal Rp24 miliar lagi kendaraan mewah ini yang kami kejar," kata Kepala Samsat Jakarta Selatan, Khairil Anwar, di Gandaria City, Jakarta Selatan, Kamis (12/12).

Baca juga: Ribuan Mobil Mewah Tunggak Pajak

 

Setelah petugas BPRD menelusuri kembali parkiran mal Gandaria, kembali ditemukan mobil mewah yang telat membayar pajak selama dua tahun.

Khairil pun menugaskan petugas dari Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) untuk memasangkan stiker penunggak pajak di mobil yang diketahui terlambat membayar pajak setahun itu serta BMW lainnya yang sudah telat membayar pajak selama dua tahun.

"Mobil BMW ini sudah habis pada 6 april 2018, dengan demikian tunggakan pajaknya sekitar Rp24 juta. Kita akan memberikan surat himbauan ke rumah sesuai dengan alamat di STNK," ujar Kepala Unit Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Tebet, Dewi Mustika Tafal dalam kesempatan yang sama.

Dewi menjelaskan bila pemiliki mobil ini tidak membayar akan terus kena denda perbulan yaitu 2% dan maksimal sanksi administrasi penagihan utang pajak berupa denda bunga sebesar 48%. (OL-8)

Baca Juga

MI/Kisar Rajagukguk

Krisis Lahan Pemakaman Jenazah Covid Bukan Hanya di Jakarta

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 24 Januari 2021, 00:50 WIB
WAGUB DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan, masalah krisis lahan pemakaman jenazah pasien Covid-19 bukan hanya di Ibu Kota, melainkan...
dok.mi

RSUD Depok Tak Bisa Lagi Tampung Pasien Covid-19

👤Kisar Rajagukguk 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 23:45 WIB
RSUD Kota Depok sudah terisi penuh pasien positif covid-19 dengan gejala berat. Warga diminta disiplin protokol kesehatan dan jangan ...
Ilustrasi

Manfaatkan PPKM, Pengedar Paket Besar Diciduk Polisi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 20:45 WIB
Polres Metro Jakarta Barat berhasil menangkap seorang pemuda berinisial S (22) di kawasan Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya