Jumat 20 Januari 2023, 18:01 WIB

Tiongkok Dukung Indonesia Pimpin ASEAN

Cahya Mulyana | Internasional
Tiongkok Dukung Indonesia Pimpin ASEAN

Khaled DESOUKI / AFP
Menlu Tiongkok Qin Gang

 

MENTERI Luar Negeri (Menlu) Tiongkok Qin Gang menyatakan dukungan pemerintahannya terhadap Indonesia yang kini menjabat sebagai Ketua ASEAN. Negeri Tirai Bambu berkomitmen meningkatkan hubungan kerja sama lebih erat dengan Indonesia.

Hal itu disampaikannya saat berkomunikasi dengan Menlu Retno Marsudi melalui sambungan telepon pada Kamis (19/1). Qin mengatakan bahwa Tiongkok mendukung penuh Indonesia sebagai ketua bergilir ASEAN. Tiongkok mempercayai Indonesia akan menunjukkan kepemimpinan dan mendorong pembangunan komunitas ASEAN dan kerja sama Asia Timur berkembang lebih pesat.

Qin mengatakan bahwa Indonesia adalah negara besar di ASEAN dan mitra kerja sama penting dari Belt and Road Tiongkok. Saat ini, hubungan bilateral Indonesia-Tiongkok menghadapi peluang baru untuk berkembang.

“Saya siap bekerja sama dengan Anda untuk mengikuti arahan strategis kedua kepala negara dan mendorong perkembangan yang lebih dalam dan solid bagi kedua negara dengan masa depan bersama,” ucap Qin dikutip dari situs Kedubes Tiongkok, Jumat (20/1).

Baca juga: Inflasi di Jepang Capai Rekor

Ia mengatakan Tiongkok mendorong lebih banyak perusahaan berkualitas tinggi untuk berinvestasi di Indonesia. Dia juga berharap Indonesia memberikan lebih banyak jaminan keamanan dan kemudahan kebijakan penanaman modal.

Sementara itu Retno menyampaikan bahwa Tiongkok merupakan mitra penting Indonesia di tingkat bilateral dan multilateral. Indonesia sangat menantikan hubungan bilateral dan memperkuat pertukaran serta kerjasama dengan Tiongkok.

“Indonesia sangat mementingkan dan akan melakukan yang terbaik untuk memastikan keamanan proyek dan warga Tiongkok. Wisatawan Tiongkok dipersilakan untuk mengunjungi Indonesia sesegera mungkin,” katanya.

Retno menyampaikan kembali bahwa Indonesia akan menjabat sebagai ketua bergilir ASEAN tahun ini dan akan berkomitmen untuk mendorong perkembangan hubungan ASEAN-Tiongkok dengan harapan dapat terus mendapat dukungan dari Tiongkok.(OL-4)

Baca Juga

dok.AFP

Tentara dan Polisi Bersihkan Jalan dari Pengunjuk Rasa Peru

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 27 Januari 2023, 13:25 WIB
PEMERINTAH Peru mengerahkan polisi dan tentara untuk membongkar penghalang di jalan raya untuk memperlancar distribusi bahan pokok dan...
AFP

Jepang Perketat Sanksi terhadap Rusia dan Perluas Daftar Larangan Ekspor

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 27 Januari 2023, 11:49 WIB
Mereka menambahkan beberapa barang ke dalam daftar larangan ekspor dan membekukan aset-aset para pejabat dan entitas-entitas...
Alaa BADARNEH / POOL / AFP

Presiden Palestina Umumkan Berkabung Nasional Atas Peristiwa di Kamp Jenin

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 09:15 WIB
Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Kamis (26/1) mengumumkan hari berkabung nasional selama tiga hari bagi warga Palestina yang tewas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya