Kamis 19 Januari 2023, 13:19 WIB

Kemplang Pajak, Netanyahu Diperintahkan MA Copot Menterinya

Cahya Mulyana | Internasional
Kemplang Pajak, Netanyahu Diperintahkan MA Copot Menterinya

AFP
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu

 

Mahkamah Agung (MA) Israel memerintahkan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk mencopot seorang Menteri Dalam Negeri Aryeh Deri atas tuduhan penipuan pajak di masa lalu. Instruksi ini muncul di tengah kemunduran pemerintah koalisi sayap kanan yang baru yang dipimpin Netanyahu.

Putusan ini akan semakin memicu ketegangan antara Kabinet dan MA Israel. Netanyahu berupaya menekan MA guna menghentikan penegakan hukum terhadap para petinggi partai koalisinya.

"Sebagian besar hakim telah memutuskan bahwa penunjukan ini sangat tidak masuk akal dan oleh karena itu perdana menteri harus mencopot Deri dari jabatannya," demikian ringkasan putusan MA.

Deri, petinggi Partai Shas dikabarkan sebelumnya akan menjadi Menteri Keuangan lewat reshuffle. Dia mengaku melakukan penipuan pajak tahun lalu kelada penegak hukum dengan imbalan dibebaskan dari tuntutan hukuman penjara.

Beberapa hakim dalam putusannya juga mengutip Deri yang sebelumnya mengatakan kepada pengadilan yang menangani kasus pajaknya, bahwa dia akan pensiun dari politik. Tidak ada tanggapan segera atas putusan itu dari Netanyahu.

Namun Menteri Kehakiman dan sesama anggota partai Likud Yariv Levin mengatakan bahwa dewan telah memilih untuk tidak menghormati putusan tersebut. "Saya akan melakukan apapun yang diperlukan untuk sepenuhnya memperbaiki ketidakadilan mencolok yang dilakukan terhadap rabbi Aryeh Deri, gerakan Shas dan demokrasi Israel," kata Levin dalam sebuah pernyataan.

Levin akan meningkatkan pengaruh pemerintah atas penunjukan yudisial sekaligus membatasi kekuasaan MA untuk membatalkan undang-undang atau aturan yang menentang tindakan eksekutif, juga dengan menghapus kewenangan peninjauan kembali.

Rencana tersebut, yang menurut pemerintah diperlukan untuk mengekang kekeliruan peradilan oleh hakim elitis yang bias. Mitra koalisi, termasuk menteri polisi ultra-nasionalis Itamar Ben-Gvir dan Menteri Keuangan Bezalel Smotrich, menggemakan pernyataan Levin yang menyerukan agar rencana tersebut untuk disahkan.

Itu juga didukung oleh Netanyahu, yang diadili atas tuduhan korupsi oleh MA. Partai Shas, yang mendapat banyak dukungan dari pemeluk Yahudi keturunan Timur Tengah, memenangkan 11 dari 120 kursi Knesset dalam pemilihan 1 November.

Deri menilai keputusan MA itu bersifat politis. "Pengadilan memutuskan hari ini bahwa pemilu tidak ada artinya," jelasnya.

Pengawas politik telah mengajukan banding ke MA untuk memerintahkan Netanyahu membatalkan penunjukan Deri mengingat sanksi terbaru tersebut serta pelanggaran di masa lalu. Pada 1999, dia dijatuhi hukuman tiga tahun penjara karena menerima suap. (France24/Cah)

 

Baca Juga

Rajasthan State Disaster Response Force (SDRF) / AFP

Dua Jet Militer India Tabrakan, Seorang Pilot Tewas

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 19:00 WIB
Peristiwa itu terjadi dalam sebuah tabrakan di udara ketika sedang melakukan latihan di selatan Ibu Kota New...
 Bulent KILIC / AFP

Serangan Rusia Tewaskan Tiga Orang di Kota Kostiantynivka, Ukraina Timur

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 17:23 WIB
Sebelumnya, Kyrylenko mengatakan empat orang telah terbunuh dan sedikitnya tujuh orang terluka akibat serangan Rusia selama 24 jam...
MICHAEL DANTAS / STR / AFP

Alami Gizi Buruk, Anak-anak Suku Asli Amazon Dirawat di Rumah Sakit

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 14:59 WIB
Beberapa anak dari suku Yanomami menderita pneumonia, sementara anak yang lainnya terkena malaria. Beberapa anak bahkan mengalami...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya