Kamis 05 Januari 2023, 15:30 WIB

Mulai Hari ini, Tiongkok Latihan Milter di LCS

Cahya Mulyana | Internasional
Mulai Hari ini, Tiongkok Latihan Milter di LCS

Ted ALJIBE / AFP
Ilustrasi

 

TIONGKOK menggelar latihan militer di Laut Cina Selatan (LCS) selama enam hari, mulai Kamis (5/1). Pasukan Presiden Xi Jinping akan menggelar latihan tembak langsung dengan sejumlah rudal.

Latihan militer akan dilakukan di perairan di sebelah barat Semenanjung Leizhou. Menurut Badan Keselamatan Maritim Guangdong, Otoritas Tiongkok melarang semua unsur non-militer memasuki area tersebut.

Sementara itu, stasiun ruang angkasa Tiongkok berbentuk T diperkirakan akan memasuki mode operasi normal tahun ini. Tiongkok juga menyampaikan akan meluncurkan sekitar 50 misi luar angkasa tahun ini. Beijing juga bekerja untuk menyelesaikan penerbangan perdana roket pembawa Long March-6C buatan dalam negeri.

Terpisah, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Junior bertemu dengan Presiden Xi Jinping. Dalam lawatan pertamanya sejak menggantikan Rodrigo Duterte ini, dia akan meminta Beijing menyelesaikan sengketa LCS.

"Saat berangkat ke Beijing, saya akan membuka babak baru dalam kerja sama strategis yang komprehensif kami dengan Tiongkok," kata Marcos Junior.

Baca juga: Warga Tiongkok Beralih Beli Obat-obatan Pasar Gelap saat Covid Melonjak

Menurut dia Filipina menginginkan Tiongkok menghargai dan menghormati kedaulatan negaranya di LCS. Selama ini hubungan kedua negara renggang akibat isu tersebut.

"Saya menantikan pertemuan dengan Presiden Xi, saat kami berupaya mengubah lintasan hubungan kami ke roda yang lebih tinggi, yang diharapkan akan membawa banyak prospek dan peluang berlimpah untuk perdamaian dan pembangunan bagi masyarakat di kedua negara," paparnya.

Filipina saat dipimipin Duterte kerap bersitegang dengan Tiongkok karena LCS. Namun Duterte lebih memilih kerja sama Tiongkok ketimbang Amerika Serikat namun tidak dapat menyelesaikan sengketa LCS.

Tiongkok mengklaim hampir seluruh wilayah LCS yang memasuki sejumlah kedaulatan Vietnam, Malaysia, Brunei, dan Filipina.(Anadolu Agency/OL-4)

Baca Juga

MOHAMMED BADRA / POOL / AFP

Zelensky Minta Jet Lagi Tempur dalam Kunjungan ke Prancis dan Inggris

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 09 Februari 2023, 16:33 WIB
Kunjungannya ke Prancis membuatnya mengadakan pertemuan makan malam dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, yang juga dihadiri oleh...
ANTARA FOTO/Fauzan

Restoran di Jerman Berlakukan Denda Jika tak Habiskan Makanan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 16:09 WIB
Restoran China Fang di Rhauderfehn, misalnya, akan membebankan biaya tambahan 10 euro (sekitar Rp162.000) kepada para tamu yang menyisakan...
AFP

Kim Jong-un Unjuk Rudal Antarbenua dan Nuklir

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 09 Februari 2023, 14:21 WIB
Presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong Un mempertontonkan rudal balistik antarbenua (ICBM) dan hulu ledak nuklor dalam parade militer besar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya