Sabtu 31 Desember 2022, 08:56 WIB

Kalah dalam Pilpres Brasil, Jair Bolsonaro Pergi ke AS

Cahya Mulyana | Internasional
Kalah dalam Pilpres Brasil, Jair Bolsonaro Pergi ke AS

AFP
Jair Bolsonaro, yang sebentar lagi meninggalkan jabatan Presiden Brasil.

 

PRESIDEN Brasil Jair Bolsonaro diketahui memutuskan pergi ke Amerika Serikat (AS). Dirinya enggan melihat rival politiknya, yakni Luiz Inacio Lula da Silva, dilantik untuk menggantikan posisinya.

Lula mengalahkan Bolsonaro dalam pemilihan presiden pada Oktober lalu. Bolsonaro meninggalkan Brasil pada Jumat (30/12) waktu setempat, dengan tujuan Florida, AS, setelah memberikan pidato terakhir kepada para pengikutnya.

Beberapa di antara pendukungnyanya menyarankan kudeta militer untuk menggulingkan Lula. Dalam pidatonya, Bolsonaro mengatakan kepergiannya untuk menghindari kekerasan politik.

Baca juga: Lula Resmi Dinyatakan Sebagai Pemenang Pemilu Brasil

"Saya tidak mendorong siapa pun untuk melakukan konfrontasi," katanya.

Laman pemantau penerbangan, FlightAware, menunjukkan bahwa pesawat kepresidenan meninggalkan Ibu Kota Brasilia setelah pukul 14:00 waktu setempat (17:00 GMT). Wakil Presiden Hamilton Mourao untuk sementara menjadi Penjabat Presiden Brasil.

"Saya sedang dalam penerbangan. Segera kembali," lanjut Bolsonaro.

Mourao mengonfirmasi bahwa Bolsonaro telah meninggalkan negaranya. Bolsonaro tidak ingin memberikan selempang kepresidenan kepada Lula.

Baca juga: Presiden Brasil Umumkan Berkabung Tiga Hari untuk Pele

Menjelang upacara pelantikan Lula pada 1 Januari, para pejabat telah mengambil tindakan pengamanan ekstra. Termasuk, larangan penggunaan senjata api.

Selama bertahun-tahun, Bolsonaro menyebarkan retorika anti-demokrasi dan menyebarkan keraguan tentang integritas sistem pemilu Brasil. Menyusul kekalahannya pada 31 Oktober, Bolsonaro tidak secara eksplisit mengakuinya dan hanya menyatakan akan menghormati konstitusi.

Bolsonaro menjabat satu periode sebagai Presiden Brasil. Beberapa pendukungnya menolak hasil pemilu terbaru. Namun, pemimpin sayap kanan itu juga menghadapi sejumlah tuduhan pelanggaran hukum.(Aljazeera/OL-11)

Baca Juga

BAY ISMOYO / AFP

Indonesia akan perluas dana COVID-19 jadi ASEAN Response Fund

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 16:15 WIB
Rencana tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam pertemuan para menlu ASEAN, yakni ASEAN Foreign Ministers'...
Bulent KILIC / AFP

Jerman Klaim Punya Bukti Kejahatan Perang di Ukraina

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 15:09 WIB
Jerman Klaim Punya Bukti Kejahatan Perang di...
AFP/Dimitar DILKOFF

Kanada Jatuhkan Sanksi kepada Rusia, Moskow Janjikan Aksi Balasan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 13:38 WIB
PEMERINTAH Kanada pada menjatuhkan sanksi terhadap 38 individu dan 16 lembaga yang dianggap terlibat dalam menyebarkan disinformasi dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya