Rabu 30 November 2022, 12:15 WIB

Terungkap! Jack Ma Bersembunyi di Jepang

Cahya Mulyana | Internasional
Terungkap! Jack Ma Bersembunyi di Jepang

AFP/JAIME REINA
Jack Ma

 

PENDIRI Alibaba Jack Ma ternyata telah tinggal di Tokyo selama hampir enam bulan. Ma menghilang dari perhatian publik Tiongkok menyusul tindakan keras Beijing terhadap sektor teknologi miliknya.

Financial Times melaporkan informasi dari beberapa sumber yang mengungkapkan bahwa miliarder itu bersembunyi pascapembatasan oleh Tiongkok. Misalnya, Tiongkok menjegal IPO perusahaannya, Ant Group Ma, dan menjatuhkan sanksi kepada Alibaba.

Dalam laporan media itu, Ma telah menghabiskan sebagian besar dari enam bulan terakhir bersama keluarganya di Tokyo dan wilayah lain di Jepang. Dia juga sempat berkeliling ke Amerika Serikat (AS) dan Israel.

Baca juga: Lama menghilang, Jack Ma sedang Studi Tur di Spanyol

Surat kabar Inggris itu mengungkapkan Ma sering mengunjungi beberapa klub anggota pribadi di Tokyo, dan menjadi kolektor seni modern Jepang. Dia juga terlihat di Pulau Mallorca, Spanyol, tahun lalu.

Dalam beberapa tahun terakhir, pejabat Tiongkok membidik dugaan praktik antipersaingan oleh beberapa nama perusahaan besar negara itu, termasuk milik Ma. 

Juli ini, sebuah laporan mengatakan Ma berencana menyerahkan kendali Ant Group.

Raksasa e-commerce miliknya, Alibaba, melaporkan pertumbuhan pendapatan yang datar pada Agustus untuk pertama kalinya, saat Tiongkok berjuang melawan perlambatan ekonomi dan kebangkitan kembali kasus covid-19.

Otoritas Amerika Serikat (AS) telah menempatkan perusahaan tersebut dalam daftar pantauan yang dapat membuatnya dihapus dari daftar di bursa New York jika tidak mematuhi perintah keterbukaan. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/Bertha Wang

Hong Kong Tawarkan 500 Ribu Tiket Pesawat Gratis

👤Media Indonesia 🕔Kamis 02 Februari 2023, 17:32 WIB
Otoritas Hong Kong pada Kamis menawarkan 500 ribu tiket penerbangan gratis lewat promosi...
AFP/Ludovic MARIN

Komunitas Katolik Sant'Egidio dan Tokoh Perdamaian Kenya Mama Shamsa Raih Zayed Award 2023

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 16:45 WIB
Komunitas Katolik  Sant'Egidio dan tokoh perdamaian Kenya Shamsa Abu Bakar Fadhil sebagai penerima Penghargaan Zayed atau...
AFP

Korut tidak Ragu Berperang dengan Korsel dan AS

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 02 Februari 2023, 16:18 WIB
Ancaman dari otoritas Korea Utara muncul tak lama setelah Korea Selatan dan Amerika Serikat melakukan latihan militer...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya