Rabu 21 September 2022, 12:32 WIB

Tolak Abe Dimakamkan Secara Kenegaraan, Seorang Pria Bakar Diri

Cahya Mulyana | Internasional
Tolak Abe Dimakamkan Secara Kenegaraan, Seorang Pria Bakar Diri

AFP/ RICHARD A. BROOKS
Lokasi tempat pria yang bakar diri

 

SEORANG pria nekat melakukan aksi bakar diri di dekat kantor Perdana Menteri (PM) Jepang, Fumio Kishida. Motif pelaku memprotes keputusan pemerintah yang menggelar pemakaman kenegaraan untuk mantan PM Shinzo Abe.

Media Jepang, TV Asahi, menyebut pelaku yang tidak disebut identitasnya itu dilarikan ke rumah sakit karena luka bakar di sekujur tubuhnya. Aksi bakar diri ini dilakukan pada Rabu (21/9).

Seorang polisi lokal yang berupaya memadamkan api yang membakar tubuh pria itu turut mengalami luka-luka. Pelaku menyatakan sikapnya melalui sepucuk surat yang ditemukan di dekat lokasi kejadian.

Abe tewas usai ditembak dalam acara kampanye pada 8 Juli. Pemakaman kenegaraan Abe akan digelar pada 27 September dan akan dihadiri 6.000 warga Jepang dan tamu dari negara lain.

Baca juga: Kamala Harris akan Hadiri Pemakaman Shinzo Abe

Namun pihak yang menentang acara itu semakin berkembang usai pembunuhan Abe menyingkap kaitan antara Partai Demokratik Liberal (LDP) yang menaungi Abe dengan Gereja Unifikasi yang kontroversial. Tersangka pembunuhan Abe menyebut gereja itu membuat ibunya bangkrut dan dia merasa Abe mendukung gereja itu.

Keterkaitan dengan Gereja Unifikasi yang didirikan di Korea Selatan (KorseL) tahun 1950 silam, kini menjadi persoalan besar bagi Kishida dan LDP. Awal bulan ini, sebuah survei menunjukkan hampir setengah dari total 379 anggota parlemen pernah berinteraksi dengan Gereja Unifikasi.(AFP/OL-5)

Baca Juga

AFP/Jorge Uzon

Ratu Kecantikan yang Berani Melawan Junta Myanmar Dapat Suaka di Kanada

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 29 September 2022, 10:45 WIB
Nama Han Lay mulai mencuri perhatian pada Maret 2021 ketika dia meminta dunia untuk menyelamatkan warga Myanmar dari militer yang mengambil...
AFP/Sergei SUPINSKY

Ukraina Minta Dunia Tambah Sanksi untuk Rusia

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 29 September 2022, 10:33 WIB
Zelensky juga meminta NATO untuk mengirim lebih banyak senjata ke garis depan setelah pengumuman hasil referendum yang dimenangkan...
AFP/Jorge Duke

Senator Kolombia Ini Bawa Kuda ke Kantor

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 29 September 2022, 10:30 WIB
Pekan lalu, Ketua Kongres Kolombia Roy Barreras mengumumkan kebijakan untuk mengizinkan anggota kongres membawa binatang peliharaan ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya