Selasa 20 September 2022, 16:28 WIB

Presiden Jokowi Raih Penghargaan Global Citizen Award

Cahya Mulyana | Internasional
Presiden Jokowi Raih Penghargaan Global Citizen Award

Antara
Presiden Jokowi saat mengendarai motor di wilayah Sumatera Utara.

 

PRESIDEN Joko Widodo mendapatkan penghargaan bergengsi Global Citizen Award oleh lembaga think tank Amerika Serikat, yakni Atlantic Council. 

Jokowi, sapaan akrabnya, bukan hanya dinilai sebagai pemimpin rakyat Indonesia. Namun, pemimpin yang memiliki visi global, mempromosikan perdamaian dan kemakmuran dunia.

“Penghargaan ini saya dedikasikan untuk seluruh rakyat Indonesia," kata Jokowi dalam sambutannya melalui rekaman video ketika penghargaan tersebut diterima oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Adapun sambutan itu ditayangkan di hadapan sekitar 600 hadirin. Terdiri dari sejumlah tokoh pengusaha dan masyarakat sipil AS, serta internasional. Berikut, wakil pemerintah sejumlah negara sahabat.

Baca juga: Menlu Retno Bahas Soal KTT G20 dan Myanmar dengan Menlu India

Jokowi memperoleh penganugerahan atas kepemimpinannya sebagai Presidensi G20. Lalu, berkat upaya menjembatani dampak perang di Ukraina. Serta, dukungan luas untuk memajukan pemenuhan HAM, demokrasi dan arsitektur kesehatan global yang lebih baik.

“Merupakan suatu kehormatan bagi saya, untuk dapat memperkenalkan Presiden Joko Widodo. Memulai karirnya sebagai pelaku bisnis, lalu menjadi Wali Kota Surakata, Presiden Jokowi memasuki ranah politik untuk melayani rakyatnya, bekerja bersama rakyatnya", ujar Executive Chairman WEF Klaus Schwab.

Pihaknya menilai Presidensi Indonesia di G20 terjadi pada saat dunia dihadapkan berbagai tantangan multidimensi. Dalam hal ini, yang memerlukan pemimpin yang memiliki kemampuan luar biasa dan mendapat kepercayaan dari semua pihak.

Baca juga: Sekjen PBB Harap ICC Selidiki Kuburan Massal Izium

"Presiden Jokowi bukan hanya pemimpin rakyat Indonesia, tapi pemimpin yang memiliki visi global, mempromosikan perdamaian dan kemakmuran dunia", imbuhnya.

Diketahui, Menlu Retno Marsudi menerima secara langsung penghargaan untuk Presiden Jokowi. “Presiden Jokowi merupakan wujuf semangat bangsa Indonesia yang ingin diproyeksikan kepada dunia. Paradigma kolaborasi, pembangun jembatan (bridge-builder) dan menjadi bagian dari solusi," jelas Retno.

Acara penganugerahan Global Citizen Award merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Atlantic Council di sela Sidang Majelis Umum PBB, New York. Penghargaan diberikan kepada sejumlah tokoh yang dipandang memberikan kontribusi nyata bagi dunia. 

Beberapa tokoh dunia yang pernah mendapat penghargaan tersebut, termasuk mendiang mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, mantan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte.(OL-11)
 

Baca Juga

AFP

Zelensky Umumkan Lyman Bebas dari Serdadu Moskow

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 03 Oktober 2022, 18:03 WIB
Perebutan kembali Lyman telah menjadi cerita paling populer di media, kata Zelensky dalam pidato Minggu...
AFP/RICARDO ARDUENGO

Tim Penyelamat Temukan 54 Korban Badai Ian

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 03 Oktober 2022, 15:50 WIB
Banyaknya ruas jalan yang terendam banjir dan hanyutnya sejumlah jembatan membuat akses menuju beberapa wilayah Florida...
AFP/	SERGEI KARPUKHIN

Putin Minta Kyiv Kembali ke Meja Perundingan

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 03 Oktober 2022, 10:52 WIB
"Masyarakat sudah menentukan pilihan, pilihan tegas ini adalah kehendak jutaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya