Senin 05 September 2022, 23:31 WIB

Negara Terbesar di Dunia, ini Urutannya

Meilani Teniwut | Internasional
Negara Terbesar di Dunia, ini Urutannya

AFP/Kirill Kudryavtsev.
Pegunungan Kaukasus di Rusia dengan Gunung Elbrus (5.642 m) di latar belakang.

 

NEGARA adalah organisasi kekuasaan yang berdaulat dengan tata pemerintahan yang melaksanakan tata tertib atas orang-orang di daerah tertentu. Besar suatu negara dapat diukur berdasarkan luas wilayah. 

Luas wilayah suatu negara diukur berdasarkan total area, wilayah daratan, dan daerah perairan. Total area merupakan jumlah wilayah daratan dan perairan dalam batas-batas internasional dan garis pantai. 

Wilayah daratan ialah total semua daratan dalam batas-batas internasional dan garis pantai, tidak termasuk wilayah perairan. Sementara daerah perairan merupakan jumlah luas permukaan air berupa danau, waduk, dan sungai dalam batas-batas internasional dan garis pantai. Berikut daftar negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayah.

Rusia

Berdasarkan luas wilayah, Rusia merupakan negara terbesar di dunia dengan total area mencapai 17,1 juta km persegi. Total wilayah daratan Rusia bahkan mencapai 11% dari total luas daratan dunia. Rusia membentang di bagian utara benua Eurasia. Sebanyak 77% wilayah Rusia ada di Asia, sedangkan 23% wilayah terletak di Eropa.

Lanskap Rusia bervariasi dari gurun hingga garis pantai yang membeku, pegunungan tinggi, hingga rawa-rawa besar. Bentang alam utama termasuk Pegunungan Kaukasus, Pegunungan Altai, Pegunungan Ural, Gunung Elbrus, Semenanjung Kamchatka, Dataran Siberia, Dataran Tinggi Siberia, dan Pegunungan Stanovoy.

Kanada 

Kanada menempati posisi kedua sebagai negara terbesar di dunia dengan total area sebesar 9,985 juta km² atau 6,1% dari total daratan dunia. Kanada adalah negara di Amerika Utara. Negara ini menempati kira-kira dua perlima bagian utara benua Amerika Utara. 

Kanada memiliki lanskap yang bervariasi dengan pegunungan yang megah, dataran yang bergelombang, lembah berhutan, dan sungai serta danau biru yang indah. Dikelilingi oleh Samudra Pasifik, Atlantik, dan Arktik, Kanada memiliki garis pantai terpanjang di dunia.

Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan negara terbesar ketiga di dunia dengan luas wilayah 9,834 juta km². Amerika Serikat kira-kira berukuran sama dengan Tiongkok. Amerika Serikat memiliki luas total yang lebih besar daripada Tiongkok karena memiliki wilayah perairan pesisir dari pulau dan negara bagian Amerika. 

Amerika Serikat atau AS adalah negara di Amerika Utara. Lanskap Amerika Serikat bervariasi mulai dari pantai tropis di Florida hingga puncak di Pegunungan Rocky, dari tanah padang rumput yang bergulir dan gurun tandus di Barat hingga daerah hutan belantara yang lebat di Timur Laut dan Barat Laut.

Tiongkok

Tiongkok termasuk negara terpadat di dunia dan kini memasuki posisi keempat negara terbesar di dunia. Daerahnya membentang di atas wilayah 9,7 juta km persegi. Luas daratan negara yang beribu kota di Beijing ini mencapai 9,38 juta km persegi.

Brasil

Sebagai negara terbesar di Amerika Selatan, Brasil juga merupakan negara terbesar kelima di dunia. Brasil memiliki total luas wilayah 8,51 juta km persegi dengan luas daratan 8,35 juta km persegi. 

Negara yang termasuk terbesar dari hutan hujan Amazon ini merupakan bagian dengan 10 negara lain. Sebagian besar penduduk Brasil tinggal di dekat garis pantai.

Australia 

Selanjutnya Australia memiliki total luas wilayah mencapai 7,6 juta km persegi. Luas daratan Australia mencapai 7,6 juta km persegi.

Negara ini terkenal sebagai negara yang memiliki banyak satwa liar. Kanguru menjadi ciri khas negara ini karena itu Australia memiliki julukan sebagai Negeri Kanguru.

India

Negara yang berada di wilayah Asia Selatan ini memiliki luas total 3,28 juta km persegi dengan 2,97 juta km di antaranya luas daratan. Adapun India merupakan negara yang memiiki jumlah penduduk terbesar kedua setelah Tiongkok, sekitar 1,38 miliar jiwa.

Argentina

Argentina menempati posisi kedelapan dengan luas 2,78 juta km². Geografi Argentina yang bervariasi dapat dikelompokkan menjadi empat wilayah utama, yaitu wilayah Andes, Utara, Pampas, dan Patagonia.

Gurun Patagonia atau dikenal sebagai Patagonian Steppe adalah gurun terbesar di Argentina dan merupakan gurun terbesar kedelapan di dunia berdasarkan wilayah, yaitu sebesar 673.000 kilometer persegi.

Kazakhstan

Kazakhstan merupakan negara terbesar kesembilan dengan luas wilayah mencapai 2,725 juta km². Alam di Kazakhstan bervariasi dari dataran rendah hingga daerah pegunungan yang tinggi di atas permukaan laut.

Dataran rendah terletak di utara dan membentuk bagian selatan Dataran Siberia Barat, di barat laut, dan selatan. Lebih dari tiga perempat wilayah Kazakhstan terdiri dari semigurun (33,2%) atau gurun (44%).

Aljazair

Aljazair merupakan negara yang berada di wilayah Afrika. Luas totalnya mencapai 2,38 juta km persegi dan hampir 100% wilayahnya merupakan daratan. (OL-14)

Baca Juga

AFP/Angela Weiss.

Metallica, Biden, Mariah Carey Lawan Kemiskinan dan Perubahan Iklim

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 21:56 WIB
Metallica dan Mariah Carey pada Sabtu (25/9) memimpin daftar musisi serta Presiden Joe Biden membuat penampilan video yang mengejutkan pada...
AFP/Delil Souleiman.

Presiden Iran Bersumpah Tindakan Tegas pada Gelombang Protes Perempuan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 18:00 WIB
Raisi menyebut protes itu sebagai kerusuhan dan mendesak tindakan tegas terhadap penentang keamanan dan perdamaian negara dan...
AFP.

Pejuang Palestina Tewas oleh Pasukan Israel di Tepi Barat

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 17:35 WIB
Pasukan Israel membunuh seorang militan Palestina di Tepi Barat yang diduduki pada Minggu (25/9). Sumber-sumber Palestina mengatakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya