Minggu 03 Juli 2022, 10:45 WIB

Menteri Luar Negeri Tiongkok Dijadwalkan Hadir pada G20 di Bali

Fetry Wuryasti | Internasional
Menteri Luar Negeri Tiongkok Dijadwalkan Hadir pada G20 di Bali

AFP/Andrew KUTAN
Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi

 

MENTERI Luar Negeri Tiongkok Wang Yi dijadwalkan menghadiri rangkaian pertemuan tingkat menteri negara G20 Indonesia di Bali. Kehadirannya merupakan bagian dari rangkaian lawatan Wang Yi ke negara-negara Asia Tenggara, 3-14 Juli.

Beberapa negara yang akan dia kunjungi yaitu Myanmar, Indonesia, Filipina, Thailand, dan Malaysia. Hal itu diungkapkan juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Zhao Lijian.

Wang akan menghadiri pertemuan Menteri Luar Negeri Kerja Sama Lancang-Mekong ke-7 yang diselenggarakan Myanmar dan konferensi Kelompok 20 (G20) menteri luar negeri atas undangan Indonesia.

Baca juga: Retno Sebut Semua Menlu G20 Cari Solusi bagi Dunia

Wakil Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok Dino R Kusnadi dijadwalkan mendampingi lawatan Wang Yi ke Forum G20 di Bali.

"Wakil dubes yang akan mendampingi Menlu Tiongkok ke G20," kata Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Merangkap Mongolia Djauhari Oratmangun, saat ditemui di Beijing, Jumat (1/7).

Pertemuan para menteri luar negari negara anggota G20 atau The G20 Foreign Ministers’ Meeting (FMM) akan berlangsung di Bali pada 7-8 Juli 2022.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, pada konferensi pers secara virtual di YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (1/7), menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada para koleganya yang telah menyampaikan komitmen dan konfirmasi untuk hadir.

"Situasi dunia memang sangat sulit saat ini, di sinilah kita perlu bekerja sama menjalankan komitmen untuk perdamaian dan kemanusiaan," ujar Retno.

FMM G20 di Bali akan fokus membahas isu-isu yang dilihat dari perspektif lebih global dan juga aspek politik ditengah situasi yang sangat tidak menentu.

Indonesia optimistis pertemuan para Menlu akan menghasilkan outcome progresif yang akan menguatkan multilateralisme maupun solidaritas antar negara di tengah krisis global. (OL-1)

Baca Juga

Dok. Bea Cukai

Bea Cukai dan Malaysian Customs Resmi Tutup Joint Task Force Operation 2022 

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 20:37 WIB
Selama periode pelaksanaan JTF Operation 2022, Bea Cukai berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 77,72 kg methamphetamine dan sekitar...
AFP/Atta Kenare.

Iran akan Sampaikan Proposal Pembicaraan Nuklir Final Senin Malam

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 18:41 WIB
Menteri Luar Negeri Iran mengatakan Teheran akan menyampaikan proposal final pada Senin (15/8) malam dalam pembicaraan untuk menghidupkan...
AFP/Abbas Momani.

Polisi Israel Tuding akan Ditikam Warga Palestina, Keluarga Membantah

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 18:28 WIB
Pasukan keamanan Israel menembak mati seorang pria Palestina yang mereka katakan mencoba menikam petugas selama penggerebekan rumah untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya