Jumat 20 Mei 2022, 20:50 WIB

Rabi Steven Burg: Normalisasi Hubungan Saudi-Israel cuma Masalah Waktu

Mediaindonesia.com | Internasional
Rabi Steven Burg: Normalisasi Hubungan Saudi-Israel cuma Masalah Waktu

AFP.
Seorang anak memegang bendera Arab Saudi.

 

RABI Steven Burg, CEO kelompok Yahudi Ortodoks modern yang berbasis di Jerusalem, Aish Global, duduk bersama i24News pada Kamis (19/5) untuk membahas kerja sama perdagangan Israel-Teluk. Dia baru-baru ini mengunjungi Bahrain dan Arab Saudi dengan para pemimpin bisnis Yahudi.

Burg menyebut Arab Saudi itu luar biasa. Dia melihat suatu tempat untuk bergerak maju dengan komunitas bisnis yang ingin menjauh dari minyak dan situasi ekonomi yang lebih baik.

Sementara Riyadh belum menandatangani Kesepakatan Abraham yang menormalkan hubungan dengan Israel, Burg mengatakan bahwa orang-orang yang berbicara dengannya di Arab Saudi mengatakan bahwa itu hanya masalah waktu untuk mewujudkannya.

"Ini mungkin memakan waktu beberapa tahun. Ini (Saudi) masyarakat konservatif dan mereka perlu memajukan negara ini. Namun intinya Iran ialah masalah umum semua orang. Mereka melihat sekeliling dan berkata, 'Israel benar-benar tempat di mana kita bisa mendapatkan keuntungan ekonomi.'"

Baca juga: Kisah Ketakutan dan Kesedihan Warga Jenin Palestina

Dia mengatakan bahwa menjadi Yahudi dan pro-Israel secara terbuka di kerajaan itu tidak menjadi masalah bagi kelompok tersebut. "Mereka sangat terpesona dengan yang terjadi di sini (di Israel) dan mereka agak menunggu kita untuk bergerak maju," kata Burg selama wawancara dengan pembawa acara Middle East Now Laura Cellier di studio i24News di Jaffa Port. (OL-14)

Baca Juga

AFP/Ishara S KODIKARA

Presiden Sri Lanka Minta Bantuan Putin untuk Impor Bahan Bakar

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 22:55 WIB
Sri Lanka telah membeli minyak dari Rusia untuk mengatasi krisis, dan pemerintah telah mengindikasikan bersedia untuk melakukan pembelian...
AFP/Atta Kenare.

Larangan Naik Kereta Api bagi Wanita Iran tanpa Jilbab

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 21:35 WIB
Sejak revolusi Islam 1979 di negara itu, hukum Iran mewajibkan semua wanita, terlepas dari kebangsaan atau keyakinan agamanya, untuk...
AFP/Carina Johansen/NTB Scanpix.

Ukraina Tuding Rusia Curi Gas Miliknya 

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 20:50 WIB
Pencurian itu dilakukan tak lama setelah Semenanjung Krimea dianeksasi melalui agresi bersenjata...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya