Selasa 17 Mei 2022, 22:02 WIB

Puluhan Terluka dalam Bentrokan saat Pemakaman Warga Palestina di Jerusalem

Mediaindonesia.com | Internasional
Puluhan Terluka dalam Bentrokan saat Pemakaman Warga Palestina di Jerusalem

AFP/Abbas Momani.
Mahasiswa Palestina yang mendukung Front Populer untuk Pembebasan Palestina (PFLP) mengibarkan bendera gerakan, Selasa (17/5).

 

LEBIH dari 70 warga Palestina terluka dalam bentrokan semalam dengan pasukan Israel di pemakaman Jerusalem. Petugas medis Palestina mengatakan itu, Selasa (17/5). 

Kerusuhan itu, menurut polisi, termasuk kekerasan yang mengancam nyawa petugas. Kerusuhan terjadi ketika orang-orang Palestina mengubur Walid al-Sharif, 23, yang meninggal pada Sabtu karena luka yang diderita selama bentrokan bulan lalu di kompleks masjid Al-Aqsa di Jerusalem.

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan luka-luka itu terjadi selama bentrokan dengan pasukan pendudukan. Polisi Israel menembakkan peluru karet dan granat kejut di dalam dan sekitar Kota Tua Jerusalem timur yang dicaplok Israel.

Baca juga: Hizbullah di Parlemen Libanon Ingatkan Saingannya tidak Bela Israel

Jenazah Sharif dibawa oleh para pelayat melintasi kompleks Al-Aqsa dan dibawa melalui Gerbang Herodes Kota Tua, sebelum dimakamkan di pemakaman terdekat. Polisi mengatakan, "Gangguan kekerasan terjadi baik selama dan setelah pemakaman, termasuk di pemakaman itu sendiri." Enam petugas terluka.

"Pasukan Israel bertindak tegas terhadap ratusan pelanggar hukum dan perusuh yang mengambil tindakan kekerasan terhadap pasukan yang membahayakan hidup mereka," kata pernyataan polisi. Warga Palestina, "Melemparkan batu, botol, batu bata, dan benda berat lain, serta menembakkan kembang api ke pasukan," tambahnya.

Baca juga: Uskup Agung Jerusalem Kutuk Serangan Polisi saat Pemakaman Wartawan

Kelompok advokasi Klub Tahanan Palestina mengatakan lebih dari 50 orang ditangkap. Polisi menyebutkan angka penangkapan di 15.

Bentrokan meletus beberapa hari setelah serangan polisi pada prosesi pemakaman wartawan veteran Al Jazeera Shireen Abu Akleh yang ditembak mati dalam serangan tentara Israel di Tepi Barat. Warga Palestina dan jaringan TV Al Jazeera mengatakan pasukan Israel membunuhnya tetapi Israel mengatakan tembakan dari kelompok Palestina mungkin yang harus disalahkan. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP/Jaafar Ashtiyeh.

Warga Palestina Tewas dalam Serangan Israel di Kota Jaba

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 15:57 WIB
Pada Minggu, seorang warga Palestina berusia 17 tahun tewas setelah ditembak sehari sebelumnya dalam serangan tentara Israel lain di kota...
AFP/Kantor Pers Otoritas Palestina.

Bersejarah, Presiden Palestina dan Pemimpin Hamas Bertemu di Aljazair

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 14:00 WIB
Selain Abbas dan Haniyeh, Tebboune pada Selasa menjadi tuan rumah bagi beberapa pejabat...
Antara

Pangkas Waktu Pengiriman, Shopee Buka Lima Pusat Distribusi di Brasil

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 13:48 WIB
Shopee, salah satu e-commerce global, membuka lima pusat distribusi baru di Brasil dalam beberapa bulan terakhir untuk mempermudah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya