Selasa 26 April 2022, 19:00 WIB

Iran Tangkap Tiga Tersangka Pembunuhan Ulama Suni

Mediaindonesia.com | Internasional
Iran Tangkap Tiga Tersangka Pembunuhan Ulama Suni

AFP/Atta Kenare.
Karpet dan selimut musim dingin digantung di atap dan sisi bangunan untuk dikeringkan di ibu kota Iran, Teheran, pada 13 Maret 2022.

 

POLISI Iran menangkap tiga tersangka dalam pembunuhan bersenjata baru-baru ini terhadap dua ulama muslim suni, kata kepala otoritas kehakiman provinsi utara Golestan, Selasa (26/4).

Penyelidik telah menemukan bahwa ketiganya juga suni. "Mereka tidak memiliki hubungan dengan kelompok teroris," pejabat itu, Heydar Asyabi, seperti dikutip oleh kantor berita resmi IRNA.

Kedua ulama itu ditembak mati pada 2 April di luar suatu pesantren di kota Gonbad-e Kavus, media lokal melaporkan. "Kurang dari sebulan setelah kejahatan itu, pembunuh dua ulama Sunni dan dua kaki tangannya telah ditangkap," kata Asyabi tanpa menyebut nama tersangka.

Ia menambahkan bahwa kejahatan itu dimotivasi oleh konflik pribadi. Penggeledahan di rumah salah satu tersangka menemukan empat senjata.

Suni menjadi mazhab sekitar 5%-10% dari hampir 83 juta orang Iran. Syiah menjadi agama negara sejak awal abad ke-16.

Konstitusi Republik Islam menetapkan bahwa suni bebas untuk melakukan ritual keagamaan mereka. Golestan ialah provinsi setengah-Sunni di Laut Kaspia.

 
 

Hampir seminggu setelah pembunuhan di Gonbad-e Kavus, seorang ekstremis suni yang dilaporkan berasal dari etnis Uzbekistan membunuh dua ulama syiah di tempat ibadah paling dihormati di Iran di timur laut kota Mashhad.

Pemimpin agama minoritas suni Iran, Molavi Abdol Hamid, meminta pihak berwenang Iran pada 8 April untuk menyelidiki secara menyeluruh kedua kasus tersebut dan mengutuk keras semua pembunuhan dalam pernyataan di situs resminya.(AFP/OL-14)

Baca Juga

Ist/Tass

Tiongkok Bocorkan Tujuan AS Dukung Ukraina

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 09:58 WIB
Duta Besar Tiongkok untuk Rusia, Zhang Hanhui, juga menuduh Washington berusaha menghancurkan Moskow lewat konflik...
AFP KCNA VIA KNS

Korut Tuduh Korsel Sebarkan Covid-19 di Negaranya

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 09:50 WIB
Saudari Presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong Un, Yo Jong menuduh Korea Selatan (Korsel) menyebarkan Covid-19 di negaranya melalui balon...
 STRINGER / AFP

Kapal Gandum Pertama dari Ukraina Tiba di Turki

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 09:43 WIB
Muatan kapal berbendera Sierra Leone, bernama Razoni itu sudah mendapatkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya