Kamis 20 Januari 2022, 11:56 WIB

Antisipasi Omikron, Selandia Baru Bersiap Perketat Pembatasan

Mediaindonesia.com | Internasional
Antisipasi Omikron, Selandia Baru Bersiap Perketat Pembatasan

AFP/Marty MELVILLE
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern.

 

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan pembatasan akan diperketat jika ada penularan virus korona varian Omikron di tengah masyarakat, tetapi dia tetap menghindari lockdown.

Pembatasan ketat dan keuntungan geografis mendukung Selandia Baru untuk terbebas dari penularan lokal Omikron, meskipun banyak kasus telah dilaporkan di tempat-tempat karantina di perbatasan.

Status "merah" --berdasarkan tingkatan darurat merah-kuning-hijau-- akan diberlakukan dalam 24 hingga 48 jam sejak ada penularan Omicron di masyarakat, yang berarti kewajiban memakai masker dan batasan pertemuan publik.

"Ketika kita mendapat bukti penularan Omikron di masyarakat, kita tidak akan menerapkan lockdown tetapi akan diberlakukan status 'Merah' di seluruh negeri dalam 24 sampai 48 jam," kata Ardern pada Kamis.

Meskipun begitu, Ardern menjelaskan bahwa belajar dari negara-negara lain, kasus Omikron dapat mudah meningkat dari ratusan hingga ribuan hanya dalam 14 hari. "Karena itu kita perlu bersiap," tutur dia.

Sekitar 93 persen populasi Selandia Baru di atas usia 12 tahun telah divaksin lengkap dan sekitar 20 persen di antaranya telah mendapatkan dosis penguat (booster).

Ardern mengatakan lebih banyak orang harus mendapatkan booster. "Bukti internasional menunjukkan bahwa dosis booster memberikan perlindungan yang baik terhadap Omikron," ujar dia.

Perbatasan Selandia Baru telah ditutup untuk warga negara asing sejak Maret 2020 dan rencana pembukaan kembali secara bertahap diundur dari pertengahan Januari hingga akhir Februari karena kekhawatiran pada wabah Omikron.

Orang-orang yang tiba di Selandia Baru harus mendaftarkan diri di tempat-tempat karantina yang dikelola negara.

Namun, pemerintah setempat berhenti memberikan kuota karantina di tengah lonjakan jumlah orang yang terinfeksi Omikron. Ardern mengatakan tidak ada perubahan pada rencana pengaturan perbatasan untuk saat ini. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP/SERGEY BOBOK

Indonesia dan G20 Bisa Tuntaskan Konflik Rusia-Ukraina

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 26 Mei 2022, 09:00 WIB
Ada tiga jalan untuk Indonesia mendamaikan konflik Rusia-Ukraina. Pertama jalur G20, ASEAN dan Gerakan...
Brian W.J. Mahy / Centers for Disease Control and Prevention / AFP

Portugal Konfirmasi 10 kasus Baru Cacar Monyet, total 49 Kasus

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 25 Mei 2022, 21:25 WIB
Angka tersebut menambah total menjadi 49 kasus dan menyamai jumlah infeksi yang terkonfirmasi di negara tetangga,...
AFP/Atta Kenare.

Pembunuhan Kolonel IRGC, Pesan Israel terkait Suriah dan Perjanjian Nuklir?

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 21:20 WIB
IRGC mengidentifikasi Khodai hanya sebagai pembela tempat yang disucikan. Ini dikaitkan dengan mereka yang pergi ke Suriah dan memerangi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya