Rabu 08 Desember 2021, 19:41 WIB

Daftar Panjang Serangan Israel ke Suriah sejak 2013

Mediaindonesia.com | Internasional
Daftar Panjang Serangan Israel ke Suriah sejak 2013

AFP/Jalaa Marey.
Kendaraan lapis baja Israel mengambil posisi di dekat perbatasan dengan Suriah di desa Majdal Shams, Dataran Tinggi Golan yang dicaploknya.

 

SERANGAN udara Israel di Suriah pada Selasa (7/12) menjadi yang terbaru dari ratusan serangan terhadap tetangganya yang dilanda perang saudara pada 2011 itu.

Berikut catatan beberapa serangan besar yang dilaporka. Serangan itu menargetkan rezim Bashar al-Assad dan sekutunya dari Iran dan Hizbullah Libanon.

Israel tidak selalu mengonfirmasi serangan itu.

2013: Serangan pertama 

Pada Januari 2013, pesawat Israel menabrak kompleks militer dekat Damaskus yang diduga menyimpan bahan kimia, menurut seorang pejabat AS. Israel kemudian secara implisit mengonfirmasi serangan itu untuk pertama kali sejak dimulainya perang Suriah pada 2011.

Pada Mei 2013 Israel menyerang pusat penelitian ilmiah Jamraya di dekat Damaskus, gudang senjata dan satu pesawat. 

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, pemantau perang yang berbasis di Inggris yang bergantung pada jaringan sumber di dalam negeri, mengatakan 42 tentara tewas.

2015: Serangan Hizbullah 

Pada Januari 2015, serangan di Dataran Tinggi Golan di sisi Suriah menewaskan enam personel Hizbullah dan seorang jenderal dari Korps Pengawal Revolusi Islam Iran. 

Komandan Hizbullah Samir Kantar, yang menghabiskan hampir 30 tahun di penjara Israel tewas dalam serangan yang dituduhkan dilakukan Israel di dekat Damaskus pada Desember 2015.

Baca juga: Israel Tuntaskan Tembok Besi Penghalang Bawah Tanah Gaza

Pada Desember 2017, pesawat Israel kembali menargetkan pusat penelitian Jamraya bersama dengan depot senjata, menurut Observatorium.

2018: Iran menjadi sasaran 

Pada April 2018, Suriah dan sekutunya Rusia menuduh Israel melakukan serangan bom fajar di pangkalan udara Suriah yang menewaskan 14 orang, termasuk tujuh orang Iran.

Akhir bulan itu, setidaknya 26 pejuang Iran sebagian besar tewas dalam serangan yang menurut Suriah memiliki ciri khas operasi Israel.

Baca juga: Suriah Tuduh Israel Serang Pelabuhannya

Pada Mei 2018, Israel melakukan lusinan serangan lagi terhadap yang dikatakannya sebagai target Iran ketika tembakan roket Iran menghantam Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel. Setidaknya 27 pejuang prorezim tewas, termasuk 11 warga Iran, kata Observatorium.

Pejuang Irak

Pada Juni 2018, 55 pejuang prorezim dari Suriah dan Irak tewas dalam serangan yang dituduhkan oleh pejabat AS ke Israel, dekat Irak berbatasan.

Paramiliter Irak pro-Iran mengatakan mereka telah kehilangan 22 pejuang.

2019: Serangan balasan 

Juni berikutnya Israel menargetkan posisi pro-rezim di dekat Damaskus dan Provinsi Quneitra. Ini dikatakan sebagai tanggapan terhadap roket yang ditembakkan dari Suriah.

Pada November 2019, tentara Israel mengklaim serangkaian serangan skala besar terhadap rezim dan posisi Iran sebagai tanggapan atas roket tersebut. Menurut Observatorium, 23 orang, termasuk 16 pejuang asing, tewas.

2020: 50 target

Pada Februari 2020, Israel menyerang situs militer di selatan Damaskus dan Provinsi Daraa menewaskan sedikitnya 23 pejuang, termasuk delapan tentara Suriah dan Iran.

Menurut laporan oleh tentara Israel, yang jarang mengomentari serangannya, Israel mencapai sekitar 50 target di Suriah pada 2020.

2021: Operasi paling mematikan 

Dalam serangan paling mematikan sejak serangan dimulai, Israel membunuh 57 anggota pasukan rezim dan pejuang sekutu di Suriah timur dalam semalam pada 13 Januari 2021.

Pelabuhan utama diserang

Pada 7 Desember, Observatorium mengatakan serangan udara Israel menghantam pengiriman senjata Iran di pelabuhan Latakia, Suriah, dalam serangan pertama di fasilitas kunci.

Baca juga: New York Post Ungkap Rahasia Israel Sabotase Nuklir Iran

Israel telah melakukan beberapa serangan pada bulan-bulan sebelumnya, menewaskan lima orang pada 24 November di beberapa bagian Provinsi Homs tempat Hizbullah bermarkas. (AFP/OL-14)

Baca Juga

ANTARA/Syifa Yulinnas

Thailand akan Izinkan Warga Tanam Ganja

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 27 Januari 2022, 09:00 WIB
Di bawah aturan baru, warga Thailand dapat menanam tanaman ganja di rumah setelah memberi tahu pemerintah daerah...
AFP PHOTO / Mauricio Campino

AS Minta Warganya untuk Segera Tinggalkan Ukraina

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 27 Januari 2022, 08:55 WIB
Kedutaan Besar Amerika Serikat di Kiev mendesak para warga negara AS di Ukraina untuk segera pergi keluar dari negara...
AFP/Jung Yeon-je

Korut Gelar Uji Coba Rudal untuk Keenam Kalinya di 2022

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 27 Januari 2022, 08:54 WIB
Terakhir kali Korut menggelar uji coba rudal sebanyak ini dalam sebulan adalah pada 2019 selepas pertemuan tingkat tinggi dengan AS...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya