Rabu 01 Desember 2021, 20:55 WIB

Saudi Laporkan Kasus Pertama Covid-19 Varian Omicron

Mediaindonesia.com | Internasional
Saudi Laporkan Kasus Pertama Covid-19 Varian Omicron

AFP/Fayez Nureldine.
Seorang staf Saudi mengerjakan robot sterilisasi cerdas di Masjidil Haram di kota suci Mekah, Arab Saudi.

 

ARAB Saudi mencatat kasus pertama yang dikonfirmasi dari varian omicron dari virus korona pada seorang warga negara yang kembali dari Afrika Utara. Seorang pejabat kementerian kesehatan mengatakan itu pada Rabu (1/12).

Ketegangan, yang pertama kali diumumkan oleh Afrika Selatan tetapi kemudian ditemukan ada sebelumnya di Eropa, itu mendorong pemerintah di seluruh dunia untuk menerapkan kembali pembatasan perjalanan. Padahal ada peringatan dari Organisasi Kesehatan Dunia bahwa pembatasan ini bisa lebih berbahaya daripada kebaikan.

"Satu kasus varian omicron telah terdeteksi di kerajaan. Ia warga negara (Saudi) yang datang dari Afrika Utara," kata pejabat kementerian itu kepada kantor berita negara SPA.

"Dia telah diisolasi, seperti juga kontaknya, dan tindakan kesehatan yang diperlukan telah diambil." Arab Saudi pekan lalu menghentikan penerbangan dari tujuh negara Afrika selatan, yang mencerminkan langkah serupa oleh pemerintah lain, tetapi hubungan perjalanan dengan Afrika utara tetap tidak terpengaruh.

Kerajaan telah mencabut beberapa pembatasan yang tersisa dari pemberlakuannya di awal pandemi. Ini memungkinkan jemaah di tempat-tempat suci Muslim untuk melanjutkan salat berjamaah mulai Oktober.

Baca juga: Waspada Omicron, Jepang Minta Maskapai Setop Terima Pemesanan Tiket

Sejak pandemi dimulai, Arab Saudi telah mencatat 549.000 kasus covid-19, sebanyak 8.836 di antaranya fatal. Lebih dari 47 juta dosis vaksin covid-19 telah diberikan di kerajaan yang memiliki populasi hampir 35 juta. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP/Jack Guez.

Film Israel Tampilkan Dugaan Pembantaian Warga Palestina pada 1948

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 26 Januari 2022, 17:42 WIB
Tantura merupakan desa pesisir Mediterania di barat laut dari tempat yang sekarang disebut Israel. Tempat itu menjadi saksi pertempuran...
JENS SCHLUETER / AFP

Jerman Catat Rekor Kasus Harian Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 26 Januari 2022, 17:22 WIB
Pada awal pandemi virus korona, Jerman lebih berhasil dari pada banyak negara Eropa lainnya dalam mencegah penyberan...
STR / Telemetro Panama / AFP

Terlibat Skandal Panama Papers, 32 Warga Panama akan Diadili

👤 Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 26 Januari 2022, 14:26 WIB
Kebocoran 11,5 juta dokumen dari firma hukum Panama Mossack Fonseca pada April 2016 menyebabkan gempa politik di seluruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya